You are here
Home > Dari Media Lain > Dandim 1701/Jayapura Sambut Kedatangan Pangdam XVII/Cenderawasih

Dandim 1701/Jayapura Sambut Kedatangan Pangdam XVII/Cenderawasih

Jayapura – Komandan Kodim (Dandim) 1701/Jayapura Letkol Inf Yoyok Pranowo menjelaskan situasi dan kondisi wilayahnya, tepatnya di Koramil Muara Tami dihadapan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan yang saat itu didampingi Istri, Danrem, dan Pejabat Utama Kodam XVII/Cenderawasih, pada Sabtu (18/10) dalam keadaan aman.

Dandim mengatakan penduduk yang mendiami wilayah satuan Kodim 1701/Jayapura berjumlah kurang lebih 428.683 jiwa, terdiri dari penduduk asli sebanyak 256 suku sedangkan masyarakat pendatang berasal dari Jawa, Bugis, Batak, Toraja, Manado, Buton dan lain-lain.

Mengenai Ideologi Pancasila, rata – rata sudah diterima oleh masyarakat pendatang namun bagi masyarakat asli masih ada yang berbeda paham. Walaupun masih ada organisasi yang masih berlawanan seperti KNPB dan Gempar sebagian besar berasal dari masyarakat asli keerom dan kota Jayapura.

Soal permasalahan yang kerap dialami Kodim 1701/Jayapura adalah masalah hak ulayat mengingat tingkat pendidikan penduduk rata-rata SMA, SMP dan SD. Namun lain halnya dengan Toleransi Beragama, Dandim menilai hal tersebut cukup baik, dimana loyalitas tokoh agama dan tokoh adat sangat tinggi.

Kemudian dari aspek pertahanan, Dandim menjelaskan masih ada kelompok-kelompok yang berbeda paham seperti diperbatasan yakni adanya kelompok yang dipimpin oleh Lambert Pekikir, Matius Wenda dan kelompok-kelompok lain yang masih bersembunyi di hutan.

Dalam bidang operasi, masih ada tamtama yang menjabat sebagai Babinsa dengan pangkat Kopral, sehingga diusulkan agar bisa menempuh pendidikan Secaba (Sekolah Calon Bintara) TNI. Hal tersebut terjadi akibat kekurangan personel, seperti bintara sebanyak 45 orang, PNS 33 orang dan penyiapan protokuler Logistik di Bandara di room VVIP. Sedangkan keterbatasan tersebut, Kodim memanfaatkan kemampuan Tamtama dibidang administrasi, personel yang ada dan kaderisasi tenaga operator untuk PNS. Untuk bidang penyiapan logistik dan protokuler bandara di room VVIP sementara belum. Sehingga hal itu dikarenakan pembagian tugas pada skala prioritas, dan apapun itu akan dilaporkan kepada Danrem.

Baca juga :  Upacara Bendera Peringatan Harkitnas Gabungan Tni-Polri Dan Pemda

Untuk bidang logistik, Dandim mengutarakan seperti senjata dan amunisi belum sesuai dengan SOP dan SPP. Hal ini telah diajukan kepada komando dan sekarang sedang menunggu alat komunikasi, disebabkan sebanyak 22 radio sudah rusak dan radio yang masih berfungsi sebanyak 25 radio.

Adapun dalam kegiatan teritorial belum terlaksana dengan baik, namun dari Pihak TNI khususnya Kodim 1701/Jayapura selalu menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, dengan memberdayakan anggaran dengan potensi yang ada serta sesuai dalam 8 wajib TNI.

Selain itu dalam kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerja Pangdam XVII/Cenderawasih untuk melakukan peninjauan pertanian, meninjau lokasi karya bakti, seminar, KKR dan lokasi karya bakti pemasangan keramik rumah warga dan rumah ibadah jemaat nehemiah Trans-AD Skow di Distrik Muara Tami.

Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan kemandirian dan kemanunggalan TNI terhadap rakyat. (Papos 20 Okt 2014)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top