You are here
Home > Berita > Dandim Paniai Bacakan Amanat Panglima Kodam XVII/Cenderawasih

Dandim Paniai Bacakan Amanat Panglima Kodam XVII/Cenderawasih

Nabire – Dandim 1705/Paniai Letkol Inf Jerry H.T. Simatupang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera yang diikuti seluruh Anggota Kodim 1705/Paniai serta Anggota Satdisjan Jajaran Kodim 1705/Paniai di Lapangan Apel Kodim 1705/Paniai. Senin (04/12)

Pada upacara tersebut Dandim 1705/Paniai membacakan Amanat Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Goerge Elnadus Supit, S.Sos., bahwa seperti yang kita ketahui bersama, wilayah Papua saat ini sudah mengalami banyak kemajuan, baik sisi politik, ekonomi, pemerintahan maupun keamanan.

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh Prajurit Kodam XVII/Cenderawasih dalam membantu mewujudkan situasi keamanan yang kondusif di seluruh wilayah Papua, untuk itu saya memberikan apresisasi kepada seluruh Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat yang telah bekerja dengan baik.

Sesungguhnya kita memiliki kemampuan untuk mewujudkan Masyarakat Papua yang aman, damai, mandiri dan sejahtera. Hal lain yang perlu juga saya sampaikan perkembangan terakhir pasca pembebasan sandera di Tembaga Pura, saat ini secara umum dalam kondisi aman dan terkendali.

Pemerintah daerah dengan aparat keamanan telah merelokasi warga Masyarakat Orang Asli Papua dari tempat pengungsian ke Distrik Kwamki Narama dan SP 9. Walaupun situasi sudah kondusif kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada, agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Tugas kedepan semakin berat dan kompleks, sehingga bekerja keras saja tidak cukup, tetapi harus meneliti lebih banyak, berfikir lebih luas, mengerti lebih dalam terhadap setiap tantangan tugas yang dihadapi, tugas adalah kepercayaan dan amanah.

Oleh sebab itu setiap tugas yang diberikan harus dilaksanakan secara maksimal dan memiliki militansi yang tinggi yaitu Pantang menyerah terhadap kesulitan yang dihadapi dan rela berkorban. Ingat, profesi Prajurit adalah mulia, sehingga harus memiliki keunggulan moral dan Bangga terhadap Satuan, namun tetap rendah hati, tidak arogan, selalu dicintai dan mencintai Rakyat.

Baca juga :  Bakti Sosial Di Kabupaten Mimika

Selain itu, suksesnya seoran Prajurit dalam berkarier sangat ditentukan oleh kemampuan diri sendiri bukan ditentukan orang lain, oleh karena itu saya ingatkan kepada Warga Kodam XVII/Cend, agar senantiasa belajar dan berlatih, bina fisik, tidak bersikap apatis dan hindari pelanggaran sekecil apapun, serta laksanakan tugas dengan tulus dan iklas walaupun bukan yang terbaik, tetapi dapat diselesaikan dengan hasil yang membanggakan.

Selanjutnya tingkatkan keimanan dan ketaqwaan  kepada Tuhan YME sebagai landasan moral, etika dan kepribadian dalam rangka mengemban tugas sebagai Prajurit dan ASN Kodam XVII/Cend. Kemudian Pada Dansat agar melatihkan kembali naluri tempur untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan di Satuan masing – masing guna mengantisipasi segala kemungkinan maupun perkembangan situasi di Wilayah Papua.

Pedomani prosedur tetap yang berlaku di Satuan masing – masing, terutama protap pengamanan markas dan Pos jaga serta protap penggunaan senjata. Selanjutnya menjelang akhir TA. 2016, agar para Komandan Satuan mengevaluasi pelaksanaan program kerja bidang latihan dan merencanakan program – program TA. 2018 dengan baik. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top