You are here
Home > Dari Media Lain > Danrem Buka Latihan Posko Satu di Boven Digoel

Danrem Buka Latihan Posko Satu di Boven Digoel

Boven Digoel, PSP – Danrem 174/ATW Brigjen TNI Supartodi SE, M.Si Membuka secara resmi Pelatihan Penanggulangan bencana yag dilakukan Kodim 1711/BVD. Latihan yang disebut dengan nama Latihan Posko Satu berlangsung di Makodim 1711/BVD Senin (1/6).

Danrem mengatakan Tujuan dari gladi posko satu ini untuk memeberikan pematangan dan profesionalisme kepada anggota-anggota kodim dalam rangka mengantisipasi bila sewaktu-waktu terjadi bencana. Sehingga diharapkan kesatuan itu sudah siap dan mengetahui tugas dan tanggung jawab kapan saja jika suatu saat terjadi bencana.

Kodim 1711/BVD cukup berpotensi karena memang dilihat dari kondisi geografisnya masih banyak terjadi bencana-bencana. Sebab  bencana kerap terjadi di wilayah utara Papua, NTT, Jawa, dan Sumatera. “Kita hanya antisipasi sehingga ada latihan ini. Jangan sampai terjadi bencana, kita mau lakukan, sehingga kita melaksanakan kegiatan ini. Sebagai aparat pemerintah TNI/Polri siap menghadapi itu semua,” ujar Danrem.

Dikatakan program ini, setiap tahun diadakan, tetapi secara bergulir. Dengan adanya lalihan posko satu ini, bisa dimaknai masing-masing anggota sesuai dengan personil khususnya di Kodim 1711/BVD sudah tidak canggung lagi jika terjadi sesuatu walaupun secara mendadakitu sudah bisa terindeksi.

Ditambahkan Dandim 1711/BVD. Eko Agus Nugroho, S.IP tujuan dari kegiatan ini untuk menyiapkan anggota Kodim dan pemerintah daerah terutama instansi-instansi terkait yang terlibat dalam bencana. Kodim 1711/BVD sebagai ujung tombak dalam membantu Pemda menangani bencana harus bisa membangun koordinasi yang baik begitu bencana datang. “Kegiatan ini mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari. Jadi pada hgari ketiga itu kita akan lakukan dinamika peran terjadinya bencana, dimana akan dilakukan teknis melakukan evakuasi korban, pendorongan logistik dan lain sebagainya.

Baca juga :  Penyerahan 1000 Ton Beras Kepada Gubernur Papua

Untuk latihan ini Temanya adalah Bencana banjir dan longsor, terang Dandim. Sementara pesertanya dari Kodim 35 orang dan dari Korem 30 orang.

 

Sumber : Surat Kabar Papua Selatan Pos

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top