You are here
Home > Dari Media Lain > Danrem: Prajurit Profesional Adalah Prajurit Yang Siap Mengabdi Bagi Bangsa Dan Negara

Danrem: Prajurit Profesional Adalah Prajurit Yang Siap Mengabdi Bagi Bangsa Dan Negara

Jayapura – Jabatan Komandan Kodim 1701/JPR dari Letkol Inf. Wahyu Handoyo secara resmi diserahterimakan kepada Letkol Inf. A. Yoyok Pranowo. Kemudian Komandan Kodim 1702/Jayawijaya dari Letkol Inf. Yusuf Sampe Toding kepada Letkol Inf. C.D.B. AndreaS, SH. Serah terima jabatan ini dipimpin langsung oleh Komandan Korem 172/PWY (Danrem) Kol. Inf. Tri Yuniarto, S.AP, M.Si., di Aula Makorem, Selasa Kemarin.

Komandan Kodim 1701/JPR yang lama Letkol. Inf. Wahyu Handoyo dipromosikan sebagai Pabandya-3/DokFile Spaban VI/Minintel Spamad di Mabesad, sedangkan Letkol Inf Yusuf Sampe Toding dipromosikan sebagai Kasbrig 20/IJK di Timika.

Danrem 172/PWY Kolonel Inf. Tri Yuniarto, S.AP, M.Si mengatakan, serahterima dua Komandan Kodim ini merupakan gambaran kepada semua bahwa dinamika kehidupan organisasi di lingkungan TNI AD diarahkan sebagai organisasi militer yang selalu ingin meraih kondisi yang lebih maju dan lebih profesional.

Dijelaskan Danrem, prinsip pembinaan ini pada kenyataannya telah membuktikan adanya pengaruh yang positif dan konstruktif terhadap kematangan dalam berpikir, bersikap dan bertindak seorang prajurit dalam setiap tugas yang dihadapinya.

“Saya berharap dengan adanya pergantian Komandan Kodim ini akan mampu secara optimal memainkan perannya sebagai pilar penyangga demi suksesnya pelaksanaan  tugas pokok TNI khususnya Kodam XVII/Cenderawasih,”ungkapnya kepada wartawan usai memimpin Upacara Sertijab Dandim 1701/JPR dan Dandim 1702/Jayawijaya.

Diakuinya, Kodim 1701/JPR dan Kodim 1702/Jayawijaya dalam mengemban tugasnya memiliki peran sangat strategis karena kita tidak bisa menutup mata terhadap tingginya ancaman dan gangguan dikedua daerah ini. Bahkan dinamika kehidupan masyarakat dengan intesitas tinggi merupakan faktor penting yang harus mampu diimbangi agar setiap embrio ancaman terhadap masyarakat dapat segera diantisipasi secara dini.

Oleh karena itu,Danrem mengajak seluruh prajurit kedua Kodim ini untuk selalu peka dan tanggap terhadap setiap permasalahan yang timbul. Sehingga dapat segera diselesaikan dengan cepat, tepat serta tuntas.

Baca juga :  Danrem Bertemu Koordinator TPN/OPM Keerom

“Ini perlu dikoordinasikan secara harmonis dengan instansi terkait dan seluruh komponen bangsa,” imbuhnya.

Menurutnya, prajurit profesional adalah prajurit yang siap mengabdi dan berbhakti kepada negara dan bangsa serta mementingkan kepentingan dinas dari pada kepentingan pribadi. Dengan demikian yang ada di dalam hati sanubari prajurit adalah bagaimana bangsa dan negara NKRI tetap utuh dan terhindar dari disentegrasi. “Sebagai Prajurit Komando Kewilayahan yang bertugas di Kodim 1701/JWY harus mampu berbuat lebih optimal bersama aparat pemerintah daerah serta instansi terkait lainnya,”tegasnya.

Selain itu, Dandim 1701/JPR dan Dandim  1702/JWY beserta seluruh anggota termasuk Koramil jajarannya harus selalu siap dan waspada dengan meningkatkan deteksi dini. Kemudian mencegah dini dan lapor cepat terhadap potensi ancaman yang mungkin timbul di daerah masing-masing sehingga segera dapat diatasi secara cepat dan tepat. “Kepada kedua komandan yang baru supaya segera beradaptasi dengan kondisi wilayah ini kemudian koordinasi dengan instansi terkait dan jangan segan-segan menanyakan kepada bawahan bila memang betul-betul belum memahami situasi dan kondisi daerah ini guna kelancaran tugas satuan,“ tandasnya.

Sumber :

Koran cenderawasih Pos, 20 Agustus 2014

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top