You are here
Home > Berita > Dansatgas Yonif 410/Alg Silaturahmi Dengan Tokoh Adat Keerom

Dansatgas Yonif 410/Alg Silaturahmi Dengan Tokoh Adat Keerom

Keerom –  Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif 410/Alugoro Letkol Inf Heri Amrullah melaksanakan Komsos sebagai ajang tali silaturahmi dengan tokoh masyarakat di Kab. Keerom, yaitu Kepala Adat Bapak Servo Tuwamis, yang merupakan warga masyarakat yang ada di daerah perbatasan.

Kegiatan Komsos dengan berbagai pihak seperti kelompok organisasi, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat sangat penting untuk dilaksanakan, terlebih tokoh yang sangat penting dan berpengaruh di wilayah itu.

Tugas tokoh adat ini membantu pemerintah Kabupaten dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan berkaitan dengan masalah adat istiadat di wilayah ini yang sering tidak bisa diselesaikan dengan berbagai macam hukum dan peraturan-peraturan pemerintah baik pusat maupun daerah.

Hukum dan peraturan-peraturan pemerintah pada umumnya sering berbenturan dan bertolak belakang dengan masalah hukum adat sehingga tidak bisa diterapkan dilwilayah ini, karena masyarakat lebih mengutamakan dan memilih hukum adat.

Permasalahan yang sering ditangani oleh tokoh adat ini seperti masalah tanah adat, membantu aparat penegak hukum dalam menyelesaikan berbagai tindak pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat.

Demi terciptanya situasi yang kondusif baru-baru ini Kepala Adat Servo Tuwamis, membantu pemerintah memberikan penekanaan dan himbauwan secara adat seperti dalam pemberantasan peredaran minuman keras, dan penyalahgunaan narkoba khususnya ganja. Sebab semakin maraknya peredaran ganja di wilayah perbatasan yang sangat mengkhawatirkan dan masyarakat dalam keadaan darurat narkoba. Lebih ekstrim lagi di wilayah perbatasan ada beberapa petani ganja yang di jadikan sebagai mata pencaharian, karena dari bertani ganja pendapatannya sangat menjanjikan dengan meraup pendapatan yang sangat luar biasa.

Baca juga :  Satgas Yonif PR 432 Kostrad Pos Skamto Amankan 3 Pemuda Pembawa Ganja

Dansatgas Yonif 410/Alugoro dalam kesempatan silaturahmi ini menyampaikan kepada Kepala Adat kesiapannya untuk membantu dan mendukung tugas-tugas Tokoh Adat, kapanpun diminta Satgas selalu siap.

Hal ini sangat direspon positif oleh semua warga, dengan adanya pemberantasan peredaran minuman keras, dan penyalahgunaan narkoba khususnya ganja mampu mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan demi menyelamatkan generasi muda terjerumus dalam kebodohan yang diakibatkan Miras dan Narkoba. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top