You are here
Home > Pengetahuan > Dari mana asal nama “Bluetooth”

Dari mana asal nama “Bluetooth”

Pada era sekarang ini yang mayoritas kita semua sudah memilik “Smart Phone” pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya “Bluetooth”. Apa itu Bluetooth? Bluetooth adalah tehnologi yang dipakai untuk menghubungkan sebagian peralatan tanpa menggunakan kabel.

Tetapi apakah pernah terlintas di fikiran kita dari manakah asal mula nama Bluetooth tersebut?

Sebelum membahas darimana nama Bluetooth tersebut diambil kita perlu mengetahui siapakah pembuatya. Penemuan Bluetooth tidaklah mudah karena pada awal pembuatan Bluetooth Versi 1.0. menggabungkan beberapa perusahaan besar yang bekerjasama untuk mengerjakan projek ini.

Siapakah ke 5 perusahaan besar itu?

Ini dia Kelima perusahaan yang bergabung untuk mengerjakan Projek Bluetooth

  1. Nokia
  2. Ericsson
  3. IBM
  4. Toshiba
  5. Intel

Pada tahun 1999 akhirnya Bluetooth Versi 1.0. ditemukan dan pada tahun yang sama lahir Dokumen Spesifikasi Versi Bluetooth 2.0. kali ini bukan hanya 5 perusahaan yang menggarap karena ada 4 perusahaan lagi yang ikut serta dalam pembuatan Versi Bluetooth 2.0. diantaranya adalah

  1. Microsoft
  2. Lucent Tehnologies
  3. 3Com
  4. Motorola
Baca juga :  Cara Alami Menghilangkan Lendir Pada Tenggorokan

Nama Bluetooth sendiri sebenarnya diambil dari nama raja Denmark yang berkuasa diakhir era kesepuluh yaitu Harald Blatand, tetapi di inggris nama raja ini dikenal dengan Harald Bluetooth.

Mengapa diambil nama tersebut? Karena dia dapat mendamaikan suku-suku di beberapa lokasi Eropa yang senantiasa berkonflik. Karena kelebihannya ini dianggap sama seperti kemampuan Bluetooth yang bisa menghubungkan beberapa piranti yang tidak sama.

Dengan temuan Bluetooth kita tidak perlu repot lagi menghubungkan berbagai piranti menggunakan kabel yang sangat merepotkan. Bukan hanya di Hand Phone tetapi juga di komputer dengan kecepatan mencapai 720 kilobites per second (kbps) per saluran. (AE/AKN)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top