You are here
Home > Berita > Diskusi Panel Antara Stakeholder Di Papua

Diskusi Panel Antara Stakeholder Di Papua

Jayapura, (23/1), Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M menghadiri diskusi panel tentang Kesiapan  dalam mewujudkan pelaksanaan pemilu yang bersih dan berwibawa di Papua Tahun 2014 yang bertempat di Gedung Mapolda Papua. Diskusi panel ini dihadiri oleh Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Wakil Gubernur Provinsi Papua, anggota KPU Provinsi Papua dan perwakilan partai politik Provinsi Papua.

Pangdam dalam paparannya menyampaikan bahwa pada tahun 2014 ini merupakan tahun Politik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang mana banyak dinamika-dinamika khususnya di Papua yang perlu kesamaan pemahaman dalam menyikapi perkembangan situasi, sebagai jalan untuk mensukseskan Pemilu sehingga terwujud sinergitas seluruh komponen di Papua.

“Situasi di Papua secara keseluruhan relatif aman, namun masih ada dua situasi yang mengganggu jalannya roda perekonomian di Papua. Pertama, gangguan-gangguan yang dilakukan oleh saudara kita yang masih berbeda paham dan yang kedua terjadinya potensi konflik saat Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden” ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Peran TNI dalam menghadapi Pemilu pada Tahun 2014 ini diantaranya adalah turut serta mencegah Instabilitas situasi keamanan, kesiapan dalam bantuan kekuatan kepada Polri dan netralitas yang benar-benar dipegang teguh oleh segenap Prajurit. Bentuk netralitas tersebut diantaranya adalah tidak adanya komandan atau pemimpin di TNI yang bermain politik, senantiasa berhati-hati dalam mengeluarkan komentar tentang Pemilu dan Partai-Partai Politik serta melaksanakan sinergitas TNI-Polri bersama Stakeholder lainnya.

Baca juga :  Antusiasme Warga Wamena Ikuti Upacara 17 Agustusan

Kesiapan Kodam XVII/Cenderawasih dalam memberikan dukungan kepada pihak Kepolisian Papua yaitu menyiagakan pasukan sejumlah 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) 300 Orang untuk Polda Papua dan 1 Satuan Setingkat Pleton (SST) sebanyak 30 Personel untuk setiap Polres. Kedudukan TNI adalah untuk membantu Polda dalam rangka menciptakan Kamtibmas di Papua, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dalam kondisi yang kondusif, aman, tertib dan damai. Kapolda Papua pun sangat mengapresiasi dukungan Kodam XVII/Cenderawasih kepada Polda Papua untuk membantu meningkatkan dan menegakkan Kamtibmas menjelang, selama dan setelah pelaksanaan pemilu 2014.

Turut hadir dalam acara tersebut para Perwira Staf di Jajaran Kodam dan Polda Papua, para Dandim, Para Kapolres dan perwakilan dari media massa yang ada di Papua.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top