You are here
Home > Dari Media Lain > Dinas Tanaman Pangan (DTP) Papua dan TNI Kerja Sama Cetak Sawah

Dinas Tanaman Pangan (DTP) Papua dan TNI Kerja Sama Cetak Sawah

“Tindak lanjut dari pengembangan komoditas padi tersebut, akhirnya Pemprov Papua telah membangun dua gudang penampungan beras di Merauke berkapasitas 7.000 ton”.

Jayapura (Antara Papua) – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) setempat menjalin kerja sama dengan TNI khusus Kodam XVII/Cenderawasih dalam mencetak sawah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua Semuel Siriwa di Jayapura, Kamis mengatakan kerja sama dalam pengembangan padi dan pencetakan sawah dilaksanakan di Nabire, Jayapura, Keerom dan Mappi. “Tindak lanjut dari pengembangan komoditas padi tersebut, akhirnya Pemprov Papua telah membangun dua gudang penampungan beras di Merauke berkapasitas 7000 ton,” katanya.

Menurut Semuel, dengan adanya dua gudang yang mempunyai kapasitas 7000 ton ini, tidak ada lagi hambatan dalam menampung hasil produksi dari petani. “Pasalnya, selama ini salah satu kendala yang dimiliki Bulog dalam upaya penyerapan beras dari para petani di Merauke adalah karena keterbatasan daya tampung gudang,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dengan adanya gudang yang memadai ini, seluruh produksi petani bisa ditampung sebanyak-banyaknya. “Untuk pengoperasian gudang beras tersebut, akan dipinjamkan kepada Bulog Divisi Regional Papua yang selama ini aktif membeli hasil produksi petani di Merauke,” katanya lagi. Dia juga menambahkan Bulog akan memanfaatkan gudang itu untuk menampung beras dari petani dimana hanya berkapasitas 11.500 ton saja. (*)

Baca juga :  Satgas Pamtas Yonif 613/RJA Panen Bersama Masyarakat

Editor: Anwar Maga

Sumber : http://www.antarapapua.com/berita/459911/dinas-dtp-papua-dan-tni-kerja-sama-cetak-sawah

Leave a Reply

*

Top