You are here
Home > Pengetahuan > Militer > DIRGAHAYU HUKUM TNI AD, TETAP JADILAH PRAJURIT HUKUM YANG PROFESIONAL

DIRGAHAYU HUKUM TNI AD, TETAP JADILAH PRAJURIT HUKUM YANG PROFESIONAL

Korps Hukum saat ini telah berusia 65 tahun. Banyak pengalaman yang telah di dapatkan selama 65 tahun mengabdi bersama pasang surutnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Pepatah mengatakan : “Tak kenal maka tak sayang”, untuk dapat disayang maka kita perlu mengetahui tentang Korps Hukum Angkatan Darat yang senantiasa mengabdi demi tegaknya hukum untuk kedaulatan Indonesia.

Hukum adalah sebuah instrument yang menjadi bagian dalam sebuah kehidupan berbangsa dan bernegara. Hukum bertujuan untuk membentuk sebuah kehidupan yang teratur dalam tatanan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam lingkungan kehidupan Militer, hukum sangat diperlukan untuk mengatur kehidupan prajurit TNI AD baik itu intern dalam kedinasan dan ekstern dalam kehidupan bermasyarakat, hal ini supaya prajurit berkelakuan baik dan tidak melakukan pelanggaran terhadap aturan yang sudah ditentukan serta tidak melenceng dari tugas pokoknya sebagai Tentara Nasional Indonesia.

Sebagai salah satu kecabangan pokok TNI AD yang bercirikan Satya Wira Wibawa, Korps Hukum memiliki tugas pokok menyelenggarakan administrasi hukum di lingkungan TNI dan memberikan penyuluhan hukum kepada seluruh personil prajurit TNI AD beserta keluarganya, serta bantuan hukum bagi semua prajurit.

Setiap anggota TNI AD merupakan Aparat Negara yang harus taat kepada hukum yang berlaku di Indonesia. Prajurit yang taat hukum tentunya harus memahami dulu dasar-dasar hukum yang ada sehingga setiap Prajurit memiliki batasan dalam bertindak secara proporsional dan profesional guna mendukung tugas pokok TNI.

Seluruh anggota TNI AD agar harus benar-benar memperhatikan dan memahami tentang hukum agar dapat memahami dan memaknai, serta mengaplikasikan materi hukum dalam kedinasan, kehidupan keluarga, dan bermasyarakat. Kesadaran akan Hukum juga sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya tindak pelanggaran oleh prajurit karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman akan hukum. Dengan mengerti akan Hukum yang berlaku harapannya adalah akan menjadikan prajurit TNI AD memiliki kesadaran hukum yang baik sehingga di aplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga :  PIAP Gryf Sang Robot Mungil Penjinak Bahan Peledak

Seiring dengan perkembangan teknologi dimasa kini dan masa yang akan datang, maka kesadaran Hukum dan perkembangan tentang Hukum yang berlaku dalam lingkungan Militer harus dipedomani oleh seluruh prajurit dimanapun berada. Dengan sadar hukum maka akan terwujudnya kehidupan kedinasan yang harmonis dan profesional.

Mengakhiri tulisan ini kami ucapkan, Selamat HUT Hukum TNI AD ke-65 dengan semangat Satya Wira Wibawa Korp Hukum TNI AD bertekad mewujudkan jati diri sebagai prajurit hukum yang profesional dalam mendukung tugas pokok TNI AD dan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Semoga Korps Hukum selalu berjaya dalam tugas apapun dan siap sedia mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply

*

Top