You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Dirgahayu Topografi TNI AD, Semoga Selalu Profesional Sebagai Mata Ujung Tombak TNI AD

Dirgahayu Topografi TNI AD, Semoga Selalu Profesional Sebagai Mata Ujung Tombak TNI AD

Korps Topografi adalah salah satu korps milik TNI-AD yang secara profesional menangani persoalan survei dan pemetaan (survey and mapping). Korps inilah yang memberikan informasi terkait kondisi topografi wilayah, beserta Ipoleksosbudhan yang diperlukan oleh TNI-AD dalam menyusun berbagai strategi dan taktis untuk mendukung semua operasinya.

Topografi Angkatan Darat memiliki tugas yang menitikberatkan pada kegiatan penyediaan informasi geografi, contohnya seperti peta Topografi dalam rangka mendukung tugas-tugas Angkatan Darat, baik itu operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP).

Korps inilah yang memetakan semua sumber daya alam, batas wilayah antar Negara dengan Negara tetangganya. Korps Topografi adalah “mata ujung tombak” yang menjelma menjadi pertahanan NKRI, sesuai kepentingan TNI AD.

Korp Topografi memiliki tugas pokok menyelenggarakan penyediaan dan penyajian informasi Geografi/Medan Wilayah Indonesia dalam bentuk Pembaharuan (Revisi) Peta Topografi, data dan analisa medan, serta pembuatan Produk Topografi lainnya dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Angkatan Darat.

Sejalan dengan perkembangan teknologi survei dan pemetaan yang berkembang dengan pesat  serta kebutuhan satuan-satuan di TNI/TNI AD akan produk Topografi saat ini dan ke depan yang tidak lagi hanya berbentuk peta Topografi standar, tetapi sudah mengarah kepada kegiatan analisa medan yang memerlukan data dan proses yang cukup kompleks, maka jelas terlihat kalau tantangan tugas ke depan tadi tidaklah ringan.

Teknologi survey pemetaan berbasis digital telah membawa perubahan besar terhadap kinerja Insan Topografi. Berbagai produk Topografi dapat disajikan dengan berbagai format digital sesuai dengan kebutuhan untuk mendapakan nilai positif. Untuk itu prajurit Topografi Angkatan Darat dimanapun berada dan bertugas harus menguasai perkembangan teknologi survey pemetaan sehingga kita dapat berkreasi dan berinovasi untuk terus menegakan fungsi dan eksistensi Topografi.

Baca juga :  Puasa Bulan Ramadhan Dapat Mengatasi Dan Menyembuhkan Penyakit

Topografi Angkatan Darat mempunyai memampuan yang sangat hebat yaitu menyajikan data spasial/geografi untuk mensinergikan sumberdaya yang ada dalam rangka pengembangan Geospasial Intelijen, baik untuk kepentingan pembangunan maupun pertahanan keamanan nasional.

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam meraih keberhasilan pelaksanaan tugas topografi adalah menjaga semangat dan motivasi serta kebanggaan sebagai prajurit Topografi.  Dengan semangat inilah Topografi Angkatan Darat dapat mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik yang kita miliki.

Selamat HUT Topografi TNI AD ke -71, semoga semakin profesional dan selalu berikan kemampuan terbaik ”Do The Best” pada setiap tugas yang diemban.

Salam Ksatria.

Leave a Reply

*

Top