You are here
Home > Tulisan > Dirgahayu Zeni TNI AD, Semakin Jaya Mengabdi Untuk Indonesia

Dirgahayu Zeni TNI AD, Semakin Jaya Mengabdi Untuk Indonesia

Korps Zeni TNI AD saat ini telah berusia 72 Tahun, Banyak pengalaman yang telah di dapatkan selama 72 tahun tersebut bersama pasang surutnya perjuangan bangsa Indonesia dalam mengisi kemerdekaan. Untuk itu kita harus mengenal tentang Korps berlogo benteng yang senantiasa mengabdi demi kedaulatan Indonesia.

Korp Zeni adalah korps yang dituntut untuk memberikan berbagai solusi teknis di medan pertempuran. Dalam suatu pertempuran, ada satuan zeni yang tugasnya membangun jembatan agar tank dan meriam artileri bisa lewat, di lain pihak satuan ini juga bisa bertugas menghancurkan jembatan untuk menghambat laju gerak pasukan lawan. Ada juga tugas pembersihan ranjau agar satuan infanteri bisa bergerak maju, namun juga sebaliknya yaitu memasang ranjau guna menghambat gerak satuan infanteri musuh. Ada tambahan tugas lain seperti tugas menjinakkan bahan peledak serta penanganan dampak perang nuklir, biologi, dan kimia.

Kesemuanya ini dilaksanakan satuan zeni yang ada di TNI AD. Kata “zeni” berasal dari bahasa Belanda “genie”, yang artinya “pandai” atau “banyak akal”. Oleh sebab itu pasukan zeni harus bisa memberikan berbagai solusi teknis di medan pertempuran. Mereka harus bisa terus berimprovisasi, bergerak secara insidentil dan bekerja sesuai standar-standar teknis guna memberikan bantuan tempur terhadap gerak maju satuan infanteri.

Korp Zeni memiliki sembilan fungsi zeni, yaitu Konstruksi, Destruksi, Rintangan, Samaran, Penyeberangan, Penyelidikan Zeni, Perkubuan, Penjinakan bahan peledak (Jihandak), serta Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika) pasif. Semua mempunyai manfaat masing-masing sehingga fungsi zeni sebagai bantuan pasukan kawan akan sangat berguna bagi pasukan infanteri.

Korps Zeni Angkatan Darat merupakan salah satu kecabangan di dalam TNI AD dan  mempunyai kemampuan untuk melaksanakan fungsi teknis militer Zeni, baik di daerah pertempuran maupun daerah pangkalan, sehingga Satuan Zeni AD dapat diklasifikasikan sebagai Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Bantuan Administrasi (Satbanmin).

Baca juga :  Pepaya, Pohon Ajaib Penuh Manfaat

Kesatuan Zeni ini merupakan kesatuan yang memiliki peran penting dalam pertempuran yang pada intinya fungsi bantuan tempur Zeni adalah bersifat improvisasi, insidentil, dan menggunakan standar teknik yang khusus dikualifikasikan pada Satuan Zeni. Zeni Tempur sendiri secara umum mempunyai fungsi sebagai pasukan Bantuan Tempur terhadap Pasukan Manuver (Infanteri) berupa Bantuan Tempur Zeni (Banpurzi) dan Bantuan Administrasi Zeni (Banminzi).

Korps Zeni juga banyak menorehkan prestasi didalam dan luar negeri, diantaranya berperan dalam pembangunan jalan trans papua dan kalimantan, selain itu juga banyak penugasan dalam misi perdamaian di Luar Negeri yang tergabung di dalam Pasukan Perdamaian PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian, pasukan zeni bertugas membangun atau memperbaiki fasiltas-fasilitas umum yang berada di medan tugas yang diberikan oleh UN (United Nation).

Mengakhiri tulisan ini kami ucapkan Selamat HUT Zeni TNI AD ke 72, Dengan Semangat Yudha Karya Satya Bhakti, Zeni Angkatan Darat Bersama Rakyat Siap Mewujudkan TNI Kuat, Hebat Dan Profesional Untuk Mendukung Indonesia Yang Mandiri, Berkepribadian, Adil Dan Berdaulat. Semoga Korps Zeni selalu berjaya dalam medan tugas apapun dan senantiasa siap sedia mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jayalah Zeni TNI AD, Jayalah TNI , Jayalah Indonesia !!!

Yudha Karya Satya Bhakti !!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

*

Top