You are here
Home > Tulisan > Rohani > Doa dan Persembahan Dalam Agama Kristen Protestan

Doa dan Persembahan Dalam Agama Kristen Protestan

Allah Bapa Tuhan kita Yesus Kristus dalam alkitab Berfirman : “Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadahibadah itu berguna dalam segala hal, kerna mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.” (1 Timotius 4:7-8).

Dalam hal doa Tuhan Allah Berfirman : “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kau ketahui.” (Yeremia 33:3).

Ibadah pada umumnya adalah penyembahan, pemujaan dan pengabdian kepada Tuhan. Dan hal ini dari sejak kita lahir hingga beranjak dewasa sampai tua, ibadah tetap harus terus dilaksanakan. Karena ibadah kepada Tuhan Allah dapat menjadikan hidup kita lebih baik dan terhindar dari apa yang namanya masalah dan cobaan hidup di dunia.

Di dalam ibadah Tuhan Allah sifatnya pasti selalu menyapa, mendatangi, melayani, dan menguduskan umatnya. Sekaligus menyampaikan tentang hal-hal yang akan terjadi kini dan nanti. Berhubungan dengan itu semua, manusia menjawab suara dan perbuatan Tuhan dalam bentuk mazmur, pujian, syukur, pengakuan, doa dan persembahan.

Dengan demikian, yang menjadi pokok dan pusat perhatian dalam ibadah adalah Allah sendiri. Karena di dalam ibadah terjadi pertemuan dan dialog antara Allah dengan umatnya. Sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik antara manusia dengan Tuhan melalui sebuah doa yang tulus.

Tuhan Allah dipuji dan disembah dengan segala yang ada pada manusia. Dengan berbagai bentuk dan jenis kegiatan meliputi peralatannya. Sebab manusia melaksanakan ibadahnya guna mensyukuri pembebasan, keselamatan dan berkat Tuhan yang melimpah. Oleh sebab itu, ibadah merupakan pujian dan ungkapan syukur kepada Allah.

Ibadah dalam agama kristen protestan sendiri dilaksanakan pada hari Minggu. Sebab hari Minggu adalah hari perayaan kemenangan Tuhan Yesus Kristus atas kuasa salib, dan maut. Karena pengorbananNya di kayu salib serta kebangkitannya dari kematian telah melahirkan persekutuan umatNya. Bagi orang kristen, semua hari adalah baik, namun ada satu hari yang dikhususkan dan dikuduskan untuk beribadah memuji Tuhan sebagai bukti penampakan Allah kepada seluruh umat Tuhan diseluruh dunia.

Doa tidak terpisahkan dari ibadah. Karena berdoa adalah kewajiban orang percaya yang harus dilakukan dengan tekun dan terus menerus dengan bimbingan Roh Kudus. Doa ditujukan kepada Allah Bapa di Sorga dan berdasarkan kesaksian Injil Matius tentang doa yang diajarkan Tuhan Yesus. Berdoa juga merupakan tekad orang percaya untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, sebagai suatu pengakuan atas ketergantungan kita kepada Allah Bapa, dan sekaligus sebagai pujian dan permohonan kepadaNya.

Baca juga :  Manfaat dan Hikmah Al Quran

Yesus berjanji bahwa Bapa akan memberikan apa yang kita minta di dalam namaNya. Doa di dalam nama Tuhan Yesus adalah doa yang disampaikan dengan penuh keyakinan. Jadi doa di dalam nama Tuhan Yesus bukan formulasi magis, bukan pula ucapan yang bertele-tele, yang mengundang pujian manusia. Doa di dalam ibadah (kebaktian) umum, termasuk doa syafaat (doa bagi orang lain) adalah doa dari seluruh warga persekutuan jemaat, jadi bukan doa pribadi dari pemimpin doa.

Hal yang terakhir dari hal beribadah adalah persembahan. Persembahan adalah ungkapan rasa syukur umat Tuhan terhadap perbuatan Allah yang membebaskan, memelihara, menuntun dan memberkati umatNya. Pemberian Allah tidak dapat diukur dan dinilai, karena itu kita memberi persembahan dengan suka cita sebagai ungkapan cinta kasih kita kepada Tuhan.

Persembahan disampaikan dalam berbagai bentuk dan cara, sebagai sambutan atas berkat Tuhan. Persepuluhan adalah salah satu bentuk penyampaian persembahan syukur yang dianjurkan kepada seluruh warga dan pelayan gereja. Namun pada hakikatnya seluruh warga dan pelayan gereja diajak untuk mempersembahkan seluruh hidupnya, dan yang terbaik dari yang ada padanya.

Karena itu kita sebagai umat yang beragama, hal ini mengajarkan kepada kita semua bahwa ibadah, doa dan persembahan, diungkapkan melalui seluruh gerak hidup dan kerja, dan hanya ditujukan kepada Allah, yang menjadi sumber segala berkat dan karunia, dengan penuh suka cita, pujian dan pengucapan syukur. (rhz/cen).

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

One thought on “Doa dan Persembahan Dalam Agama Kristen Protestan

Leave a Reply

*

Top