You are here
Home > Berita > Donor Darah Satgas Pamtas RI-PNG

Donor Darah Satgas Pamtas RI-PNG

Sota – Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Merauke bersama-sama melaksanakan kegiatan Donor Darah bertempat di Pos Komando Utama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/PK Sota, Selasa (06/08).

Kegiatan donor darah ini juga diikuti oleh sejumlah warga kampung Sota dan anggota Koramil Sota. Ikut sertanya masyarakat menjadi fokus utama dari kegiatan donor darah ini.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto, kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai kegiatan dan manfaat mendonorkan darah, sekaligus juga untuk memeriksa golongan berserta kondisi darahnya. Walaupun beberapa pendonor tidak bisa mendonorkan darahnya berkaitan dengan kondisi tubuh maupun darahnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk usaha untuk membudayakan kepada masyarakat Distrik Sota khususnya. Satgas Yonif 407/PK mengajak masyarakat Distrik Sota untuk sukarela mendonorkan darah sebagai bentuk kepedulian dan perhatian terhadap kesehatannya, terutama kesehatan darah dengan meregenerasi sel darah di tubuh,” kata Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK.

Donor darah adalah tindakan dan wujud nyata adanya kepedulian sosial yang dilakukan pendonor darah untuk mereka yang menderita sakit dan memerlukan darah dari pendonor.

“Donor darah adalah wujud ungkapan syukur kepada Allah karena kasih dan karunia kesehatan yang diberikan kepada seluruh anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma selama ini. Juga merupakan tindakan nyata yang diharapkan bisa memberikan kelegaan untuk yang membutuhkan, sehingga segera tertolong dan sembuh”, ungkap Wadan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Mayor Inf Ari Iswoyo Timor di sela-sela acara donor darah tersebut.

Baca juga :  Rapat Koordinasi Penanggulangan Asap Akibat Kebakaran Lahan Dan Hutan Di Kabupaten Boven Digoel

Berkaitan dengan itu, Ketua Tim PMI Cabang Merauke, Sutimin, S.Sos, mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini membantu penambahan persediaan darah PMI Cabang Merauke yang menipis, karena unit PMI Merauke melayani 2 (dua) wilayah Kabupaten, yakni Merauke dan Mappi. “Kami selaku unit pelayanan selalu merespon apabila ada rencana kegiatan donor darah dan antusias apabila lokasinya terjangkau karena berhubungan dengan fasilitas penyimpanan darah yang akan berpengaruh terhadap kondisi darah yang akan kami bawa,” ujarnya. Pihaknya juga menyambut gembira adanya masyarakat yang ikut serta sebagai pendonor darah karena menurutnya jarang ada masyarakat yang mau mendonorkan darahnya sebab belum tersosialisasi mengenai manfaat donor darah bagi tubuh. (Prd/Cen).

Leave a Reply

*

Top