You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Dopper… Pakai Peluru Tajam..?!!

Dopper… Pakai Peluru Tajam..?!!

Dopper adalah materi dalam sebuah latihan militer yang menguras fisik dan mental, karena dalam materi latihan ini diskenariokan pasukan TNI menyusup ke wilayah musuh tetapi diketahui oleh musuh. Akhirnya musuh pun menyerang dengan tembakan, akhirnya pasukanpun harus menghindari tembakan dari musuh tersebut dengan merayap agar selamat. Begitulah gambaran singkat dari latihan dooper..

Dalam materi latihan tersebut para pelatih dopper menggunakan senjata dan peluru tajam. Senjata yang dipakai/digunakan pelatih biasanya jenis AK-47 dan SS-2 maupun senjata otomatis lainya. Pada  materi latihan dopper ini senjata yang digunakan biasanya yang memiliki karakteristik suara harus keras untuk mengusik moril, akurasi tembakan, endurance harus tahan digunakan berjam-jam, serta peluru dibikin tumpul supaya kalau kena lumpur muncratnya tinggi tetapi aman tidak mudah memantul/rekorset.

Pada latihan ini tidak boleh ada keraguan atau kesalahan apa lagi main-main, resikonya sangat besar. Maka seluruh aturan harus dilaksanakan dengan benar, merayap dengan benar, menembak juga dengan benar. Apabila gerakan merayap sampai berhenti maka pelatih dopper akan semakin menghujani kanan kiri mereka dengan tembakan.

Baca juga :  Mortir 81 Norinco

Pelatih Dopper atau pendopper harus terlatih dan memiliki kemapuan menembak yang baik. Materi dopper digunakan untuk melatih pasukan khusus supaya mengasah kemampuan mental mereka agar selalu siap diturunkan di medan pertempuran manapun.

Leave a Reply

*

Top