You are here
Home > Berita > Ekspedisi Taman Nasional Lorentz (TNL) Data Flora dan Fauna Langka

Ekspedisi Taman Nasional Lorentz (TNL) Data Flora dan Fauna Langka

Timika – Peduli dengan kondisi lingkungan khususnya di, Babinsa Koramil 1710-06/Agimuga dan anggota Pos Yonif 754/ENK bersama Tim TNL melaksanakan ekspedisi penjelajahan Flora dan Fauna di Distrik Jita, pada hari Senin (10/07).

Ekspedisi yang dilakukan ini adalah untuk mendata segala jenis Flora dan Fauna yang ada di Taman Nasional Lorentz yang dilindungi oleh undang-undang.

Dari hasil penelitian Tim gabungan tersebut ditemukan bahwa banyak flora dan fauna yang dilindungi mengalami ambang kepunahan akibat perburuan yang dilakukan warga secara besar-besaran.

Menurut Kasi Pengelola TNL, Bapak Johan Nendisa menjelaskan bahwa, “Kejadian ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, agar kerusakan tidak bertambah parah dan meluas, oleh karenanya kita secara bersama-sama harus mengambil langkah serius kedepannya agar kepunahan flora dan fauna dapat dihindari ataupun di minimalisir”, tegasnya.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan koordinasi dengan tokoh masyarakat agar dapat menghimbau warganya tidak melakukan perburuan flora dan fauna yang dilindungi” jelas Babinsa.

Baca juga :  Rancangan Kegiatan Tim Expedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan

Namun Babinsa pun meminta pihak TNL untuk menyediakan poster ataupun banner yang dapat menggambarkan flora dan fauna dilindungi kepada masyarakat. Sehingga warga dapat memahami larangan tersebut serta ancaman hukuman yang didapatkan jika melanggarnya.

Pihak TNL akan segera menyiapkan poster tersebut dan berharap flora dan fauna icon TNL yang dilindungi oleh Undang-Undang tersebut dapat tetap terjaga dan lestari. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top