You are here
Home > Berita > Eliminasi Malaria – Biak Numfor, Papua !!!

Eliminasi Malaria – Biak Numfor, Papua !!!

Biak – Dandim 1708/BN diwakili Pasi Ter Kodim 1708/BN Kapten Inf Yoyo Sudianto mengahdiri kegiatan Sosialisasi JKN-KIS dan seminar kesehatan tentang eliminasi malaria di Kab. Biak Numfor yang dibuka oleh bapak Mahasunu SE (Asisten II Setda BN) dan diikuti ± 50 orang peserta yang berasal dari perwakilan tiap instansi   TNI-Polri dan pemerintahan daerah Kab. Biak Numfor. Kegiatan bertempat di restoran New 99 Samofa Biak Jl. Samofa Distrik Biak Kota Kab. Biak Numfor, Selasa (1/11).

Dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut dibuka dengan doa oleh saudari Bela dilanjutkan dengan laporan penyelenggara sosialisasi oleh ibu Diah Susanti (BPJS).

Dalam sambutannya tersebut, beliau mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan atas dasar  diagnosa penyakit malaria yang masih menempati posisi tertinggi di Kab. Biak Numfor, yang mana kegiatan tersebut dilaksanakannya berdasarkan payung hukum yang ada.

“Dasar penyelenggaraan kegiatan ini adalah diagnosa malaria yang merupakan penyakit tertinggi yang terdapat di seluruh rumah sakit yang ada di Kab. Biak Numfor, dimana payung hukum penyelenggaraan ini berdasar peraturan menteri kesehatan nomor 5 Tahun 2013 tentang pedoman tata laksana malaria.” Ungkap ibu Diah.

Setelah laporan penyelenggara, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Biak Numfor yang di wakili Asisten II, yang pada intinya beliau bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para peserta untuk dapatnya mengikuti kegiatan sosialisasi dengan baik.

“Marilah kita panjatkan puji syukur atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan ini dalam keadaan sehat. Dalam sosialisasi ini, merupakan forum untuk elementasi Masyarakat tentang Eliminasi Malaria. Forum ini akan membahas Pentingnya pelayanan JKN-KIS untuk membangun kesehatan di Kab. Biak Numfor sehingga kami dari pihak Pemerintahan Daerah berpesan untuk peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik dan aktif bertanya dalam pelaksanaan Sosialisasi ini.” Ungkap beliau.

Baca juga :  Satgas TMMD Membangun Kp. Bomopai Agar Lebih Baik

Setelah sambutan bupati, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh bapak Ruslan SKM, M.Kes (Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan). Banyak hal yang beliau sampaikan dalam kesempatan sosialisasi tersebut, mulai dari pemetaan terkait malaria di wilayah kabupaten Biak, upaya mengatasi hingga proses perkembangannya.

“Kita melaksanakan Eliminasi malaria dengan berbagai cara seperti pengambilan sempel darah di setiap rumah yang dilakukan oleh pihak puskesmas, asas desentralisasi di kabupaten, pemberdayaan dan kemandirian masyarakat, penguatan sitem kesehatan.” Ujar bapak Ruslan.

Setelah sosialisi dari bapak Ruslan, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi tentang JKN-KIS oleh ibu Diah Susanti (BPJS). Banyak hal juga yang disampaikannya, salah satunya terkait jumlah pasien yang kini dalam penangannya menggunakan BPJS.

“Di Kab. Biak Numfor memiliki jumlah pasien sebanyak 3592 rawat jalan 564 rawat inap”, Ucapnya.

Kegiatan sosialisasi pun berjalan dengan tertib dan lancar, serta dirasakan manfaatnya oleh para peserta. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top