You are here
Home > Tulisan > Enam Tips Lari Profesional Yang Patut Dicoba

Enam Tips Lari Profesional Yang Patut Dicoba

Kalau berbicara soal olah raga yang praktis dan gratis, pasti sudah tentu jawabannya adalah lari atau jogging. Bukan cuma menjadi gaya hidup masa kini, namun saat ini banyak juga yang menjadikan lari sebagai kegiatan profesional. Untuk kamu yang hobi lari, simak tips jogging ini agar bisa lari ala pelari profesional.

  1. Konsisten

Tips pertama untuk menjadi pelari profesional adalah dengan bersikap konsisten. Selama berolah raga, pastikan untuk menjaga stamina yang konsisten dari awal hingga akhir. Yang terpenting dalam berolah raga adalah bukan menjadi ambisius di awal, namun tetap menjaga stamina agar konsisten dan stabil dari awal hingga garis finish. Dengan mengatur tubuh tetap konsisten, maka bisa lebih mudah untuk meningkatkan kemampuan berlari lagi.

  1. Perhatikan posisi tubuh

Berlatih dan mengetahui posisi tubuh yang baik dan benar akan membantu dalam berlari agar terasa lebih ringan dan juga nyaman. Pastikan memposisikan kepala dalam keadaan tegap dan menghadap ke depan. Posisikan juga bahu dalam posisi rendah, longgar dan santai. Saat berlari, usahakan juga menjaga tubuh sedikit condong ke depan untuk menyeimbangkan badan dan juga memudahkan badan saat berlari. Tapi, pastikan posisi tubuh tidak terlalu condong ke depan karena bisa menyebabkan tekanan berlebih pada lutut dan punggung. Untuk lengan, pastikan menggerakkan lengan berayun dengan seirama. Pastikan juga berlari secara perlahan tanpa suara.

  1. Gunakan sepatu yang tepat

Saat berolah raga, terutama berlari, sepatu adalah perlengkapan yang bisa dibilang cukup penting. Pemilihan sepatu pasti akan mempengaruhi kualitas dan juga performa berlari. Jadi, untuk yang berniat untuk lebih maksimal dalam berlari, pastikan menggunakan sepatu dengan ukuran yang tepat, tidak kekecilan dan juga tidak kebesaran. Menggunakan sepatu dengan ukuran yang tidak tepat bisa menimbulkan cedera.

  1. Jaga kandungan air mineral
Baca juga :  Capailah Ridhomu Dan Buang Sifat Amarahmu

Saat berlari, tubuh pasti akan kehilangan banyak cairan. Nah, untuk menghindari dehidrasi, pastikan menjaga kandungan air mineral dengan tepat. Usahakan untuk mengonsumsi air mineral sebelum berlari dan juga tetap menjaga kandungan air mineral dalam tubuh saat berlari. Usahakan konsisten terus mengonsumsi air mineral setiap satu atau dua jam sekali saat berolahraga.

Itu dia sebabnya sangat disarankan untuk membawa botol minum atau air mineral saat berolahraga. Selain itu, kekurangan air mineral saat berolahraga juga dapat mengakibatkan pusing atau bahkan keram karena kekurangan kandungan air mineral tersebut. Jadi, pastikan terus menjaga kandungan air mineralnya.

  1. Isi perut secukupnya

Banyak yang berpendapat bahwa kita harus mengisi perut sebelum melakukan olah raga agar tidak drop atau malah jatuh sakit. Teorinya memang benar. Namun, mengonsumsi terlalu banyak makanan sebelum berolahraga justru juga dapat menimbulkan keram perut, karena saat berlari, tubuh dan bagian perut akan terus terguncang-guncang, itu dia sebabnya mengapa perut bisa terasa keram saat berolahraga.

Solusinya, usahakan untuk mengisi perut secukupnya, bisa dengan satu atau dua sisir roti tawar, pisang, atau oatmeal.

  1. Lakukan hal lain untuk meningkatkan kemampuan

Kalau berniat untuk terus meningkatkan kemampuan berlari, bisa memaksimalkan dengan cara melakukan hal-hal di luar berlari. Mulailah berlari dengan melakukan yoga, stretching dan juga olahraga lain disamping lari yang dapat mendukung peningkatan kualitas berlari.

Leave a Reply

*

Top