You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > F-16, Jet Tempur Baru TNI Penjaga Keutuhan NKRI

F-16, Jet Tempur Baru TNI Penjaga Keutuhan NKRI

Tentara Nasional Indonesia kembali menambah kekuatan angkatan bersenjatanya , rabu 21 September kemarin, Lima buah pesawat F-16 buatan Amerika Serikat ini telah tiba di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan jawa Timur yang  diterbangkan oleh lima pilot dari Amerika Serikat di Lanud Iswahjudi, berangkat dari Amerika via Hawaii pukul 06.00 WIB, lalu melewati Guam dan mendarat di Lanud Iswahjudi pukul 11.00 WIB.

Namun, walaupun TNI sudah memiliki F16 sebelumnya akan tetapi Lima pesawat tempur F-16 tipe C/D  yang baru datang kemarin, sudah di upgrade dari Blok 25 menjadi Blok 52 yang kemampuannya sama dengan pesawat baru, aviability-nya sama, Hanya kemampuan avioniknya yang berbeda seperti sistem radar dan sistem senjata. Kuat harapan bahwa kedatangan lima pesawat F-16 ini dapat menambah kekuatan udara dan digunakan untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Terkait dengan peningkatan kemampuan F-16 C/D dari Block 25 menjadi block 52 yang kemampuan daya dorong lebih besar, dan mampu mengangkut senjata lebih berat, serta bisa dipasang Conformal Fuel Tank di punggung dan menggotong drop tank 600 gallon sehingga bisa terbang lebih jauh. Untuk urusan pertempuran udara, dengan rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M dan IRIS-T  (NATO) serta rudal jarak sedang AIM-120 AMRAAM-C, jelas F-16 C/D 52ID TNI  tidak kalah dengan pesawat tempur lain dengan block 50/52.

Upgrade F-16 C/D menjadi block 52  bukan isapan jempol biasa, karena untuk mengejar kemampuan setara dengan Block 50/52, di antaranya memasang Mission Computer MMC-7000A versi M-5 yang dipakai Block 52+ dan bahkan digunakan F-16, dilengkapi komputer sistem kemudi (FLCS) digital, sepasang Multifunction Displays Berwarna block-52, HUD lebar block-52 dengan kemampuan night vision,  digital terrain system & Digital Moving Map block 52, color cockpit camera block-52, throttle grip & side stick controller Block-52, countermeasures management switch to control ALE-47, voice message unit untuk collision avoidance system dan ground avoidance advisory function Block-52

Baca juga :  Ranpur Pandur II 8 × 8 STEYR

Bahkan bisa dipastikan pada duel jarak dekat, F-16 C/D dengan block 52 TNI ini mampu mengungguli Block 50/52 dalam hal kelincahan. Untuk serangan permukaan darat dan perairan, F-16 block 52 juga mampu menggotong persenjataan kanon 20mm, bomb standar MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, rudal AGM-65 Maverick, AGM-84 Harpoon antikapal, AGM-88 HARM antiradar, ACMI Pod serta mampu menggunakan navigation dan targeting pod untuk operasi malam hari serta misi Suppression Of Enemy Air Defence (SEAD), yaitu menghancurkan pertahanan udara musuh.  Improved data modem memungkinkan penerbang melakukan komunikasi tanpa suara hanya menggunakan komunikasi data dengan pesawat lain dan radar darat, radar laut atau radar terbang.

F-16 sendiri adalah jet tempur multi-peran supersonik buatan (General Dynamics) untuk Amerika Serikat. Pesawat ini awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara namun akhirnya berevolusi menjadi pesawat tempur multi-peran yang sangat populer.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

One thought on “F-16, Jet Tempur Baru TNI Penjaga Keutuhan NKRI

Leave a Reply

*

Top