You are here
Home > Berita > Pengumuman > Filosofi permainan “TARIK TAMBANG”

Filosofi permainan “TARIK TAMBANG”

Indonesia, negara kepulauan yang terbentang luas dengan segudang cerita didalamnya. Budaya, permainan dan olahraga merupakan suatu hal yang menarik di negeri ini untuk dimaknai sebagai harta yang berharga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dari banyaknya permainan yang juga merupakan olahraga yang familiar di negeri ini adalah permainan tarik tambang salah satunya. Permainan yang menggunakan tali ini sering ditemukan di berbagai pelosok nusantara.

Tarik Tambang merupakan pertandingan yang melibatkan dua regu, dengan beberapa peserta. kedua regu tersebut bertanding dari dua sisi berlawanan dan semua peserta memegang erat sebuah tali tambang.

Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. Kedua regu berusaha saling menarik tali tambang sekuat mungkin, agar salah satu regu  melewati garis pembatas. Regu yang tertarik melewati garis pembatas dinyatakan kalah.

Taktik permainan terletak pada penempatan pemain, kekuatan tarik dan pertahanan tumpuan kaki di tanah. Pada umumnya pemain dengan kekuatan paling besar ditempatkan di ujung tali, untuk menahan ujung tali saat bertahan atau menghentak pada saat penarikan

Baca juga :  Jurnalis Indonesia Harus Menjadi Agen Persatuan Nasional

Filosofi yang diambil dari permainan tarik tambang adalah dengan menyatukan kekuatan akan dapat mengalahkan lawan. Makna lain tarik tambang adalah bagaimana upaya menggapai suatu tujuan harus melalui tarik ulur secara keras. Terkadang tambang bergeser ke kiri-kanan untuk menuju satu tujuan kemenangan. Tim yang kompak dan strategi yang tepat akan mampu menarik tambang dengan kuat.

Dari filosofi di atas sudah selayaknya semua komponen bangsa dan masyarakat harus menjadi bagian dari persatuan dan kesatuan Bangsa untuk mewujudkan tujuan bersama dari seluruh rakyat indonesia, yaitu Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Damai Indonesiaku, Majulah Tanah Airku, Jayalah Indonesiaku

Salam Ksatria

Leave a Reply

*

Top