You are here
Home > Berita > Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan

Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan

Jayapura – Gabungan Pam VVIP yang terdiri dari AD, AL, AU dan Polri melaksanakan peninjauan medan guna pengamanan kunjungan kerja Presiden RI Ir. Joko Widodo bertempat di Jl. Tobati Baru Jayapura, Rabu (6/5).

Wakil Komandan Detasemen Jasa Angkutan (Wadanden Jasa Ang) XVII-44-13 Bekangdam XVII/Cenderawasih Mayor Cba Philips Hutapea selaku penanggung jawab wilayah Hamadi memberikan Perintah Operasi (PO) kepada Tim gabungan untuk menempatkan posisi masing-masing guna mengamankan wilayah yang akan dijadikan sebagai tempat dimana Presiden RI Ir. Joko Widodo akan meletakan batu pertama pembuatan jalan yang menghubungkan wilayah Pulau Tobati menuju Pulau Enggros Jayapura.

Peninjauan medan ini bertujuan untuk memastikan wilayah tersebut benar-benar aman dari gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan nanti dapat dilaksanakan dengan lancar, aman dan terkendali. Adapun peninjauan yang dilakukan bukan hanya wilayah pantai saja namun hutan yang terdapat disekitar Pulau Tobati dan Pulau Enggros Jayapura. Dimana lokasi yang ditinjau adalah tempat-tempat yang dianggap rawan terhadap gangguan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Tugas untuk mengawal dan mengamankan Presiden RI ini adalah tugas pokok TNI sesuai UU No. 34 tahun 2004 dimana salah satunya adalah tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) khususnya untuk pengamanan Very Very Important Person (VVIP) terhadap Presiden RI.

Perintah pengamanan ini ditegaskan kembali oleh Panglima Kodam (Pangdam)  XVII/Cenderawasih dalam amanatnya pada acara Apel gelar pasukan pengamanan Presiden RI di Makodam XVII/Cenderawasih agar seluruh satuan di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih untuk melakukan langkah-langkah preventif dan antisipatif guna mengawal dan mengamankan kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo.

Baca juga :  Senam Gabungan TNI, Polri Dan PNS Di Halaman Kantor Bupati Kab. Paniai

Dalam pengamanan kunjungan Presiden ini, Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G. Siahaan bertindak sebagai Panglima Komando Operasi (Pangkoops) membawahi  Danrem 172/PWY Kolonel Infanteri Tri Yuniarto S.AP, M.Si, sebagai Komandan satuan Penugasan (Dansatgas) Pengamanan Wilayah (Pamwil) untuk wilayah Jayapura dan Sentani.

Dalam pelaksanaannya, TNI bekerjasama dan dibantu sepenuhnya oleh pihak Polda Papua yang sudah sangat siap mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi.

Demi lancar dan suksesnya pengamanan kunjungan Presiden ke Papua kali ini, TNI maupun Polri memohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk turut serta membantu kelancaran kegiatan ini. TNI dan Polri tidak akan segan-segan menindak tegas apabila ada pihak-pihak yang ingin membuat kekacauan.

Mari kita sambut kepedulian Presiden RI Ir. Jokwidodo dalam kunjungannya kali ini, untuk membangun Papua yang semakin maju dan sejahtera. (Prd/Cen)

Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan
Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan
Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan
Gabungan Pam VVIP Presiden RI Laksanakan Peninjaun Medan
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top