You are here
Home > Pengetahuan > Gameover Zeus

Gameover Zeus

Tanggal 2 Juni lalu, FBI mengumumkan secara resmi untuk menghentikan Gameover Zeus Botnet yang diyakini bertanggung jawab atas pencurian melalui rekening ataupun bisnis online di Amerika maupun seluruh dunia. Pemerintah Inggris Selasa (3/6) lalu juga mengumumkan untuk melindungi komputer kita semua dari serangan virus ini yang sangat membahayakan bagi pengguna internet.

Ciri-ciri komputer yang terinfeksi virus ini adalah komputer anda akan beroperasi sangat lambat, kursor akan bergerak sendiri dan apabila anda menggunakan internet banking virus ini diklaim bisa melakukan transfer. Selain itu akan muncul teks dalam jendela chatting pada desktop anda atau virus ini akan mengunci komputer anda dan anda akan diminta uang tebusan untuk kembali membuka file anda melalui bitcoin.

Jika salah satu atau lebih ciri diatas ada pada komputer anda, anda bisa melakukan akses ke www.us-cert.gov/gameoverzeus untuk mendapatkan informasi tentang penanganan virus ini serta gambaran malware yang menyerang komputer anda yang di posting oleh tim Computer Emergency Readiness Homeland Security (CERT).

Virus ini menurut FBI merupakan virus yang paling canggih dari virus yang pernah ditangani. Penyebaran virus ini juga didominasi melalui e-mail atau pesan spam yang phising. Seperti dikatatakan Anderson, Asisten Direktur Eksekutif FBI “Gameover Zeus adalah botnet paling canggih yang pernah dicoba ditangkal FBI serta biro keamanan lainnya,”.

Komputer yang terinfeksi akan menjadi jaringan global yang terintegrasi yang dikenal sebagai botnet. Virus ini memiliki desentralisasi, peer to peer komando dan kontrol infrastruktur dari jaringannya dibanding poin terpusat. Untuk mencegah komputer anda dari kekejaman virus ini anda bisa melakukan update anti virus anda, aktifkan patch otomatis untuk sitem operasi browser web, gunakan password yang kuat, download software dari situs-situs yang terpercaya dan jangan membuka lampiran e-mail yang tidak anda minta meskipun yang datang dari kontak daftar teman anda sekalipun, jangan mengklik URL yang ada pada email anda.

Baca juga :  Cara Cerdas Membaca, Menonton Dan Mendengar Suatu Berita

Evgeniy Mikhailovich Bogachev seorang peretas asal Rusia diklaim menjadi dalang jaringan virus ini, dia dituntut di Pittsburgh, pennsylvania dengan tuntutan konspirasi, peretasan komputer, pemerasan bank, pencucian uang di dalam skema Gameover Zeus dan Cryptoblocker. Selain itu dia juga di dakwa di Omaha, Nebraska dengan kasus yang sama.

Dalam penyidikan ini penyidik juga bekerjasama dengan perusahaan teknologi terkemuka seperti Microsoft, Dell, Afilias, Deloitte serta Symantec untuk mengatasi kejahatan ini. Kita wajib mencegah hal ini dengan mengetahui lebih dini tentang kejamnya Gameover Zeus meskipun sampai saat ini belum ada berita tentang kejahatan seperti ini di Indonesia. Belajar dari pengalaman kasus bank Mandiri yang diisukan dibobol hacker baru-baru ini. Semoga bermanfaat.. (BI/Cend)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top