You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Generasi terbaru meriam milik Armed TNI AD (kh-179 Howitzer 155 mm)

Generasi terbaru meriam milik Armed TNI AD (kh-179 Howitzer 155 mm)

Pemerintah Indonesia terus memperbaharui alat utama sistem persenjataannya (Alutsista). Di tahun 2014 ini 18 meriam KH-179 Howitzer 155 mm telah didatangkan untuk memperkuat pasukan Artileri medan TNI AD setelah sebelumnya dipertengahan 2012 telah diperkuat dengan kehadiran sistem Artileri Howitzer Swagerak CAESAR dan roket ASTROS.

Sistem KH-179 ini menerapkan dua tabung yang berbeda untuk penahan kejut (hydraulic dampers/ hydropneumatic shock absorber) dan satu tabung lain untuk pengembali ke depan (recuperator), yang dianggap mampu memperpanjang umur pakai meriam. Pada saat penembakan, ada pasak yang bisa diturunkan untuk ditanam dan menambah kestabilan penembakan.

KH-179 adalah buatan Negeri Ginseng Korea Selatan dengan munisi NATO. KH-179 mampu menembakkan seluruh munisi 155 mm termasuk munisi khusus berpendorong roket (RAP: Rocket Assisted Projectiles). Dari segi jangkauan tembak, jarak jangkaunya mencapai 22 km sampai 30 km apabila menggunakan munisi RAP. Kecepatan tembaknya (rate of fire) apabila digunakan secara kontinyu maksimal 4 peluru per menit. Agar laras awet, penembakan bisanya dilakukan 2 peluru per menit.

Meriam berbobot ± 6 ton ini dilengkapi dengan sistem carriage yang dilengkapi APU (Auxillary Power Unit) sehingga dapat bergerak dengan tenaga sendiri.

Untuk pengoperasiannya, meriam ini butuh dua awak untuk mengubah arah meriam, prajurit awak penembak di kiri memutar roda untuk mengubah arah horizontal (traverse), sementara prajurit di kanan sebagai asisten penembak memutar roda untuk mengubah elevasi vertikal moncong meriam. Satu prajurit lagi bertugas sebagai pengarah dan membidik melalui teleskop dengan pembesaran 4x dan dial sight, atau bila diperlukan, mengoperasikan Kh-179 untuk dukungan tembakan langsung (direct fire) menggunakan teleskop khusus lainnya yang memiliki pembesaran 3,5 kali.munisi

Baca juga :  Dirgahayu Topografi TNI AD, Semoga Selalu Profesional Sebagai Mata Ujung Tombak TNI AD

Spesifikasi KH-179

Rancangan Pertama           : 1979

Resmi operasional              : 1982

Kaliber                                   : 155/39 mm

Jarak recoil                            : 1.524 mm

Bobot                                      : 6.890 kg

Panjang                                 : 10.389 mm

Tinggi                                     : 2.770 mm

Ground clearance                : 280 mm

Sudut Elevasi                       : 68,6 derajat

Kecepatan maksimum ditarik : 70 km/jam

skyshield_12

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top