You are here
Home > Tulisan > Hal Terpenting Merawat Gigi Persiapan Mendaftar TNI

Hal Terpenting Merawat Gigi Persiapan Mendaftar TNI

Merawat kebersihan gigi dan mulut merupakan bagian yang tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena gigi dan mulut merupakan salah satu bagian terpenting yang wajib kita jaga.

Jika hal tersebut kita kesampingkan dan sampai berkelanjutan maka hal tersebut akan tetap membahayakan bagi kesehatan khususnya gigi dan mulut. Terlebih jika anda sama sekali tidak mau merawatnya dengan teratur.

Sesering mungkin luangkan waktu setiap sesudah makan baik pagi maupun malam sebelum tidur jangan lupa untuk membersihkannya dengan menggosok gigi.

Gigi dalam kemiliteran merupakan hal penting, ini dibuktikan saat tes kesehatan masuk menjadi tentara. Menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan walaupun masih banyak organ-organ tubuh lainnya yang harus diperiksa dan lebih fatal ketimbang organ mulut, namun pada umumnya cenderung banyak orang yang mengesampingkan hal tersebut. Terkadang peserta tes banyak yang gugur pada bagian rongga mulut akibat gigi berlubang, karang gigi dan gigi ompong.

Untuk itu, sedikit tips untuk melakukan perawatan gigi sejak dini, beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

Lakukan perawatan gigi secara teratur dengan cara melakukan sikat gigi, perawatan ini tidak membutuhkan biaya yang mahal. Untuk menjaga kebersihan lakukan sikat gigi dua kali sehari.

Kurangi konsumsi makan-makanan manis yang mengandung banyak gula atau pemanis buatan. Karena makanan yang manis akan lebih berisiko menyebabkan terjadinya plak dan karang gigi. Penyebabnya, makanan yang banyak mengandung gula lebih mudah menempel di sela-sela gigi dan gusi. Sisa makanan manis yang menempel ini, lama-lama bisa berubah jadi plak dan karang gigi oleh bakteri di dalam mulut. Hal yang harus dilakukan yaitu dengan berkumur dengan air. Ini salah satu tips untuk bantu kurangi pembentukan plak di gigi.

Baca juga :  SS-3 Senapan Serbu Terbaru Buatan Indonesia

Melakukan flossing dengan cara membersihkan sela-sela gigi dengan benang, kamu membutuhkan benang khusus yang biasanya disebut dental floss.

Caranya, pegang dental floss dengan kedua tangan, lalu posisikan di salah satu sela-sela gigi. Gerakkan benang ke bawah dan ke atas dengan perlahan. Lakukan flossing untuk seluruh sela-sela gigi, karena sisa makanan yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan dengan cara ini.

Hindari merokok, mungkin sebagian orang mengira bahwa rokok hanyalah barang yang membahayakan bagi kesehatan pada paru-paru anda, namun disamping itu juga bila dilakuan terus menerus akan menimbulkan efek gigi kecoklatan terlebih bau mulut tidak sedap.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui betapa manfaatnya air lemon yang mampu membuat gigi menjadi sehat, yaitu dengan cara mencampurkan perasan air jeruk lemon dengan sedikit garam untuk dicampur pada saat anda menyikat gigi.

Jika anda lakukan rutin setiap hari bisa membuat gigi anda menjadi putih dan sekaligus mengatasi bau mulut yang tidak sedap akibat sisa makanan yang menempel disela-sela gigi.

Sedikit tips yang bisa kami berikan, smoga bermanfaat bagai kesehatan para sahabat ksatria dimanapun berada.

Leave a Reply

*

Top