You are here
Home > Alat Utama Sistem Senjata > Helicopter Serbu AS 550 Fennec Bantu Pertempuran Jarak Dekat

Helicopter Serbu AS 550 Fennec Bantu Pertempuran Jarak Dekat

Membahas tentang kekuatan helicopter serbu angkatan darat dalam perkembangannya angkatan darat, baru saja menerima helicopter jenis Heli Serbu. Salah satunya Apache AH-64D Longbow, yang akan kita bahas heli ini merupakan heli dengan spesifikasi sebagai heli serbu yang merupakan jenis heli serbu kelas ringan dengan tipe AS 550 Fennec.  Heli merupakan bentuk kerjasama produksi antara negara Perancis dan PT DI.

Sebelumnya TNI-AD sudah memiliki heli serbu kelas ringan sekaliber Bolco 105 buatan Jerman. Dengan perkembangan jaman teknologi dan alutsista modern melalui tangan-tangan terampil kini PT. DI berhasil merakit sejumlah helikopter serbu ringan AS 550 Fennec yang akan memperkuat Skadron Penerbangan Angkatan Darat (PENERBAD). Helicopter besutan prancis ini helicopter serbaguna Berdasarkan seri AS350 Ecureuil dan AS355 Ecureuil 2, mereka dinamai Fennec Fox di negara produsen utamanya.

TNI AD terus memperkuat skuadron helikopter dengan menempatkan AS 550 Fennec helicopter multi-role (serbaguna), helicopter ini memang memiliki desain mungil juga helicopter ini memiliki banyak persenjataan canggih. Sehingga walapun kecil sangat mematikan, selain itu juga, membantu pasukan infanteri maupun penghancuran base musuh dalam Pertempuran jarak dekat, dengan kecepatan yang sangat tinggi mempermudah dalam mobilitas. Untuk kecepatan tidak diragukan lagi, yaitu kecepatan maksimumnya mencapai 246 km/jam (153 mph, 133 km).

Dengan dioprasikan 2 kru dan dapat mengangkut 4 penumpang helicopter sangat membantu pasukan yang sedang melaksanakan pertempuran jarak dekat maupun misi-misi tertentu. helicopter ini memiliki tangki bahan bakar Kapasitas 540 liter dan single engine Powerplant 1 × Turbomeca Arriel 2B turboshaft, 632 kW (847 shp) terbatas pada 500 kW (671 shp untuk take-off).

Baca juga :  Anoa,, dari Indonesia Untuk Perdamaian Dunia

Untuk Spesifikasi persenjataan yang dimiliki AS 550 Fennec dirancangan menggunakan senjata yang dapat menghancurkan tank musuh, kemudian keunggulan lainnya bisa sekaligus terpasang empat rudal anti-tank seperti BGM-71 TOW. Helicopter ini juga dibekali dengan rudal anti-pesawat (air to air missile) dan  beberapa rudal lainya,  guna memproteksi dari serangan helicopter musuh maupun rudal bopong pasukan lawan. Senapan mesin yang melekat pada heli ini terdiri dari Giat M621 kaliber 20 mm, Fabrique Nationale de Herstal kembar 7,62 mm maupun 12,7 mm dan roket blastic 7 x 2.75in Forges de Zeebrugge atau 12 x 68 mm Thales Brandt roket.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top