You are here
Home > Berita > HIMBAUAN PANGDAM BERHASIL MENYADARKAN KELOMPOK OPM

HIMBAUAN PANGDAM BERHASIL MENYADARKAN KELOMPOK OPM

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Drs Christian Zebua, M.M. mengajak seluruh masyarakat Papua yang masih memiliki pandangan yang berbeda terhadap konsep nasionalisme untuk kembali ke pangkuan NKRI, terutama bagi mereka yang mengacau keamanan  dengan menggunakan senjata melawan pemerintahan yang sah dan membuat teror serta intimidasi kepada masyarakat.

Pernyataan yang telah beliau sampaikan berulang kali kepada masyarakat, aparat pemerintah, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Papua ini direspon positif oleh sejumlah anggota OPM pimpinan Goliath Tabuni dan Okiman. Seperti yang dilansir oleh harian Cenderawasih Pos Kamis, 19  Desember 2013 dengan judul “100 Anggota OPM Turun Gunung”. Koran tersebut memberitakan bahwa 100 anggota OPM pimpinan Goliath Tabuni dan Okiman yang selama ini beroperasi di wilayah Puncak Jaya dan sekitarnya telah turun gunung dan membaur dengan masyarakat serta kembali mengakui NKRI. Turunnya anggota OPM pimpinan Goliath Tabuni tersebut dikarenakan mereka sudah bosan hidup di hutan terutama setelah melihat kemajuan pembangunan di Papua. Selain itu mereka merasa dibohongi oleh pimpinan mereka tentang konsep Papua merdeka.

“Saya mengajak seluruh saudara-saudara yang masih berbeda paham tentang konsep NKRI untuk sama-sama membangun Papua dengan damai dan sejahtera” tegas Pangdam usai beliau menjadi Inspektur Upacara Hari Infanteri ke-65 di Lapangan Makodam XVII/Cenderawasih Kamis 19 Desember 2013.

Baca juga :  Danrem 172/PWY Tinjau Pos Satgas Pamtas 751/R di Arso XIII

Beliau juga menjamin keamanan bagi seluruh anggota kelompok separatis yang masih bergerak di hutan maupun gunung untuk kembali berbaur dengan masyarakat selama mereka menyerahkan senjata yang mereka miliki. Namun sebaliknya, bagi mereka yang masih mengintimidasi dan meneror rakyat dengan menggunakan senjata akan ditumpas dan ditindak dengan tegas.

Leave a Reply

*

Top