You are here
Home > Wisata Militer > Holiday With KMC Komando

Holiday With KMC Komando

Salam Sahabat Wismil dimana saja anda berada. Pada kesempatan ini, penulis ingin berbagi cerita tentang kegiatan Bapak Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih pada hari Minggu, 9 Agustus 2015 saat menikmati liburan bersama keluarga dan para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih serta keluarganya di Tanjung Kayu Batu, Jayapura.

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Tatang Sulaiman beserta keluarga tiba di Dermaga Denjasa Angkutan XVII-44-13 pukul 15.45 WIT, kemudian langsung menuju Honai Dharmagati Ksatria Jaya dan disambut Kepala Pembekalan dan Angkutan (Kabekang) Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Cba Aswanto dan para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih yang sudah berada di Honai tersebut.

Setelah berbincang-bincang sejenak, Kasdam beserta keluarga dan rombongan naik KMC Komando yang sudah disiapkan Kabekang. Selanjutnya melaksanakan Holiday With KMC Komando mengelilingi teluk Humbold sampai menuju pesisir Tanjung Kayu Batu sambil menikmati suasana keindahan laut yang jarang sekali ditemukan di kota-kota lain.

Kapal Motor Cepat (KMC) Komando adalah sebuah kapal cepat milik Bekangdam XVII/Cenderawasih yang dapat digunakan untuk pendaratan pasukan di rawa, laut sungai maupun pantai (Ralasuntai). KMC Komando mampu berlayar terus menerus sejauh 250 NM (Mil Laut) di permukaan air dengan kedalam hanya satu meter. KMC Komando merupakan hasil karya anak negeri dari tangan ahli yang terdiri dari para Perwira Direktorad Pembekalan dan Angkutan (Ditbekang) TNI AD dengan melibatkan ahli dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) dan pelaksana kerja pembangunan PT. Tesco Indomaritim.

Tanjung Kayu Batu berada di wilayah Kelurahan Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua. Tanjung Ria itu sendiri merupakan nama asli pantai ini tetapi lebih dikenal dengan sebutan pantai Base-G. Sebab waktu perang dunia II, tentara sekutu mendarat di pantai ini dan menjadikannya sebagai basis militer dengan nama Base-G Camp. Pantai Base-G ini sangat digemari oleh masyarakat sekitar maupun para pendatang, karena pantai ini memiliki pasir putih yang menghadap ke arah timur dan berhubungan langsung dengan Lautan Pasifik. Pantai Base-G ini mampu menyuguhkan pemandangan “Matahari Terbit” yang spektakuler setiap hari. Airnya jernih serta pemandangan bawah air yang sangat indah, yang merupakan surga bagi para pencinta olah raga bawah air.

Baca juga :  Keindahan Flora dan Fauna di Kota Karang (BIAK)

Sementara Tanjung Kayu Batu yang merupakan rangkaian dari Pantai Base-G ini berada di wilayah distrik Jayapura Utara dan dapat dikunjungi dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan. Kurang lebih 20 menit dari pusat kota. Di Pesisir Tanjung Kayu Batu ada sebuah tebing yang sangat indah dan mempesona. Oleh sebab itu rombongan tidak ingin melupakan begitu saja kenangan yang indah bersama KMC Komando, sehingga mereka berlomba-lomba mengambil gambar untuk diabadikan.

Holiday With KMC Komando sungguh sangat menyenangkan dan bisa menghilangkan pikirian yang penat selama seminggu bekerja. Dengan KMC Komando kita bisa melihat kapal nelayan yang sedang mencari ikan, bisa melihat suasana hamparan laut yang luas membentang apalagi diiringi dengan ombak yang tidak begitu besar. Kegiatan bersama ini juga bisa memupuk dan mempererat hubungan silahturahmi terutama bagi ibu-ibu persit yang selalu setia mendampingi dan mensuport suami tercinta dalam melaksanakan tugas.

Setelah kegiatan selesai, rombongan kembali menuju Honai Dharmagati Ksatria Jaya untuk menikmati hidangan yang sudah disiapkan anggota Bekangdam XVII/Cenderawasih. Dalam kesempatan tersebut, Kasdam yang diwakili Aspers Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Tatang Subarna mengucapkan Puji Syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang tak terhingga dan mengucapkan terima kasih kepada Kabekang yang telah bersedia menyiapkan tempat beserta akomodasinya sehingga acara silahturahmi ini bisa berjalan aman dan lancar. Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan makan malam bersama.

Turut hadir, Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih diantaranya Asintel, Aslog, Asops, dan Aspers. Selain itu hadir pula Danpomdam, Kapendam, Kabekang, Kazidam, Wakabekang, Wadanden Jasa Angkutan XVII-44-13 serta Pa, Ba, Ta dan PNS Bekangdam XVII/Cenderawasih yang terlibat. (Wk/Cen).

Holiday With KMC Komando
Holiday With KMC Komando
Holiday With KMC Komando
Holiday With KMC Komando

Leave a Reply

*

Top