You are here
Home > Berita > HUT YONIF 410/ALUGORO DAN HUT TNI, SATGAS LAKSANAKAN KEGIATAN PERKEMAHAN SAKA WIRA KARTIKA“

HUT YONIF 410/ALUGORO DAN HUT TNI, SATGAS LAKSANAKAN KEGIATAN PERKEMAHAN SAKA WIRA KARTIKA“

HUT YONIF 410/ALUGORO DAN HUT TNI, SATGAS LAKSANAKAN KEGIATAN PERKEMAHAN SAKA WIRA KARTIKA“

Keerom – Jum’at (22/9) dilaksanakan kegiatan upacara pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Keerom Bp Markum, SH, MH. selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Keerom yang berlokasi dilapangan Kp Wonoejo PIR IV, Distrik Manem, Kab Keerom. Kegiatan Perkemahan Saka Wira Kartika merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Yonif 410/Alugoro ke 51 yang jatuh pada tanggal 25 September 2017 dan HUT TNI ke 72 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2017. Bertindak sebagai Komandan Upacara yaitu Danpos PIR V Yamara Lettu Inf Andi Sukri, S.Pd.

Perkemahan Saka Wira Kartika  diikuti oleh para siswa siswi SLTP dan SLTA se Kabupaten Keerom dengan jumlah peserta 150 orang. Para peserta akan mengikuti semua rangkaian kegiatan kepramukaan selama tiga hari mulai tanggal 22 – 24 September 2019 yang diberikan oleh kakak-kakak pembina dari Kwarcab Keerom dan pelatih dari TNI.

Materi kgiatan Saka Wira Kartika selama tiga hari meliputi penyuluhan HIV AIDS dan Bahaya Narkoba, penyuluhan hukum, PBB, BDM (Bela Diri Militer), mountenering, pengenalan senjata, Navigasi Darat (kompas bintang), out bond, bela negara, pemutaran film, hiburan dan pentas seni serta olah raga.

Wakil Bupati Keerom dalam amanatnya menyampaikan pesan kepada seluruh peserta Saka Wira Kartika, bahwa Kwarcab Keerom menempati peringkat teratas pada Jambore Daerah tingkat Propinsi, sehingga Kwarcab Keerom bisa mewakili Propinsi Papua di lomba Jambore Nasional yang kelima di Cibubur, Jakarta.

“Adik-adik semua, bahwa bulan Oktober kita akan mengikuti lomba tingkat nasional yang hanya diikuti oleh 34 Provinsi seluruh Indonesia, tentunya ini kesempatan yang sangat baik untuk adik-adik sekalian, untuk itu ikuti semua kegiatan Perkemahan Saka Wira Kartika ini dengan sebaik-baiknya, hal ini sebagai ajang belajar dan berlatih sebelum mengikuti perlombaan yang lebih tinggi” kata Wakil Bupati

Setelah selesai menjadi Inspektur Upacar, Wakil Bupati mendapat kejutan berupa hadiah kue ulang tahun dari Dansatgas yang diiringi dengaan lagu selamat ulang tahun dari seluruh peserta upacara, pada hari ini beliau berulang tahun yang ke 48. Pemotongan kue ulang tahun oleh Bapak Bupati diberikan kepada Dansatgas. Mendapatkan kejutan seperti ini tentu manjadi sangat terharu dan mengucakan banyak terima kasih

Dansatgas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M Heri Ameullah, S.Sos dalam wawancaranya menyampaikan bahwa para peserta Saka Wira Kartika yang terdiri dari para pelajar masa depan bangsa yang masih bersih dan belum terpengaruh dunia politik.

“Masa depan bangsa dan negara berada ditangan pemuda kita, sebagai generasi penerus bangsa mulai sekarang persiapkan diri kita masing-masing untuk meneruskan cita-cita luhur bangsa dan negara. Jadikan belajar dan berlatih sebagai kebutuhan demi masa depan kita” kata Dansatgas

Perkemahan Saka Wira Kartika  hari pertama selain upacara pembukaan kuga diisi dengan kegiatan sosialisai penyuluhan bahaya penyebaran penyakit HIV AIDS dan penyalahgunaan Narkoba oleh dokter Satgas Letda Ckm dr Rinto K Manurung serta penyuluhan hukum oleh Pakum Satgas Kapten Chk JH Silaen, S.H. dan lanjutkan nonton bareng film.(Prd/cen)

Leave a Reply

*

Top