You are here
Home > Berita > Ide Cemerlang Babinsa Untuk Cegah Luapan Air Sungai

Ide Cemerlang Babinsa Untuk Cegah Luapan Air Sungai

Yapen Dengan kepekaan Babinsa melihat kondisi lingkungan desa binaan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam, Babinsa Koramil 1709-01/Yapsel Sersan Dua Budi Santoso bersama tokoh masyarakat bapak Benhur Fonataba dan masyarakat setempat meninjau secara langsung lokasi yang akan dibangun bronjong sebagai penahan banjir dan pengikisan daerah bibir tanggul, bertempat di kampung Aromarea, distrik Kosiwo Kabupaten Kep. Yapen, Senin (20/03).

Sebagai seorang Babinsa, selain diharuskan selalu berada ditengah-tengah masyarakat sebagai wujud mengatasi kesulitan rakyat, Babinsa juga diharuskan memiliki naluri di dalam mengamati titik kelemahan dari lingkungan sekitar daerah binaannya untuk mencegah kemungkinan bencana alam yang akan timbul dan terjadi.

Mengingat di daerah binaan sudah sering terjadi banjir yang berasal dari hulu sungai yang mengakibatkan air meluap hingga membanjiri perumahan warga, atas ide cemerlangnya Babinsa dalam membangun bronjong penahan banjir, hal tersebut sangat memberikan manfaat untuk kelangsungan hidup masyarakat Kampung Aromarea. Pasalnya, masyarakat dari kampung tersebut dalam mata pencahariannya selalu bergantung pada hasil bercocok tanam. Apabila terjadi banjir, maka tanaman yang telah tumbuh maupun yang sudah siap panen akan menjadi rusak akibat diterjang air sungai yang meluap.

Baca juga :  Wawasan Kebangsaan Untuk Mahasiswa Baru STKIP Hermon

Masyarakat dari kampung Aromarea sangat antusias menyambut ide Babinsa tersebut, yang mana hal itu semata-mata untuk membenahi kampung mereka sendiri.

Untuk hal tersebut, warga pun menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Babinsa, dan menyatakan dukungannya yang senantiasa siap membantu dan diajak kerjasama dalam upaya membenahi kampung mereka.

“Kami selalu siap untuk membantu bapak Babinsa dalam membenahi kampung kami dan kami pun sangat berterima kasih karena dengan ide atau gagasan yang diberikan bapak Babinsa bisa membuat Kampung kami nantinya akan terhindar dari bencana banjir,” tutur Marselus Koromat.

Kegiatanpun berjalan dengan tertib dan lancar tanpa ada kendala. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top