You are here
Home > Ingin Lebih Memahami Aspirasi Masyarakat, Koramil 1710-06/Agimuga Laksanakan Komsos

Timika – Pelaksanaan serbuan teritorial memiliki arti penting adanya kedekatan antara TNI bersama rakyat seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1710-06/Agimuga Sersan Kepala Fredek dengan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos), mengunjungi kediaman kepala kampung Bapak Daud Sapite dan sejumlah tokoh masyarakat di Distrik Jita, Minggu (05/02).

Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud menjalin hubungan untuk mengetahui keluhan dan aspirasi masyarakat sekaligus memberikan sosialisasi yang telah diperoleh dari Dinas Pertanian Kabupaten Mimika tentang pembukaan lahan penanaman  Kopi Robusta.

Dalam melaksanakan Serbuan Teritorial, TNI harus memahami setiap perkembangan situasi di wilayahnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar suasana kemanunggalan TNI dan rakyat semakin nyata serta menimbulkan suasana saling pengertian antara TNI dan rakyat,

Dalam kesempatan ini sejumlah tokoh masyarakat menjelaskan bahwa masyarakat mengharapkan adanya manfaat dengan adanya pembukaan lahan penanaman kopi tersebut. Masyarakat secara umum meminta diberikan pengetahuan dalam menanam kopi dan meminta Pemda Mimika tidak hanya sekedar memberikan bibit namun harus diikuti dengan pembimbingan agar masyarakat dapat lebih terbina serta terlatih.

Pada kesempatan tersebut Babinsa menyampaikan bahwa program penanaman Kopi Robusta di Distrik Jita sudah dilakukan penelitian sebelumnya dari ahli pertanian bahwa dari hasil peroleh bahwa Distrik Jita dinilai kontur tanah serta iklimnya sangat cocok. Selain itu  juga, bahwa TNI bersama Pemda Mimika akan bersinergi untuk mendampingi masyarakat dalam pengembangan Kopi Robusta di Distrik Jita. Sehingga diharapkan nantinya Kopi Robusta dapat menjadi komoditi yang dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat.

Dengan adanya aspirasi dari masyarakat ini, Babinsa berkomitmen akan segera melaporkan hal tersebut kepada pimpinan dan Dinas terkait sehingga rencana Dinas Pertanian ini akan berjalan dengan lancar. Masyarakat memberikan apresiasi kepada TNI atas kepedulian yang diberikan selain itu masyarakat pun berkomitmen akan saling mendukung sehingga penanaman tanaman Kopi Robusta dapat berjalan dengan lancar. (Prd/Cen)

Top