You are here
Home > Pengetahuan > Jangan Lupa Tunaikan Zakat Sebelum Hari Kemenangan Tiba

Jangan Lupa Tunaikan Zakat Sebelum Hari Kemenangan Tiba

Zakat merupakan rukun islam ketiga yang hukumnya wajib bagi setiap umat muslim. Pada bulan suci ramadhan khususnya saat mendekati hari kemenangan (Hari Raya Idul Fitri), setiap umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat fitrah yang bertujuan untuk mensucikan jiwa sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW telah dijelaskan bahwa :

فَرَضَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ زَكَاةَ الْفِطْرِطُهْرَةً لِلصَّائِمِ وَطُعْمَةً لِلْمَسَا كِيْنِ, فَمَنْ اَدَّاهَاقَبْلَ الصَّلاِةِفَهِيَ زَكَاةٌمَقْبُوْلَة,ٌ وَمَنْ اَدَّاهَابَعْدَ الصَّلاَةِفَهِيَ صَدَ قَةٌ مِنَ الصَّدَقَاتِ (رواه أبوداودوابن ماجه)

Artinya :

Rasulullah  SAW mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari hal-hal yang tidak bermanfaat, kata-kata kotor, dan memberi makan orang-orang miskin. Barang siapa mengeluarkannya sebelum shalat Idul Fitri, zakatnya diterima, dan barang siapa yang mengeluarkannya setelah shalat idul fitri, hal itu merupakan salah satu dari sedekah (Hadits Riwayat Abu Dawud dari Ibnu Abbas).

Dalam hadist tersebut juga telah dijelaskan bahwa pembayaran zakat dilaksanakan sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri agar zakat kita diterima. Karena jika pembayaran zakat dilakukan setelah sholat idul fitri maka hal tersebut sudah tidak dikategorikan sebagai zakat melainkan hanya sedekah.

Dalam pemberian zakat fitrah yang harus kita berikan yaitu makanan pokok seperti gandum ataupun beras pada umumnya dan jumlah yang harus dikeluarkan yaitu sebanyak 3,1 Liter atau 2,5 Kg.

Jangan pernah kita berpikiran bahwa kita akan rugi jika mengeluarkan zakat karena hal seperti itu akan membuat kita menjadi orang yang sombong dan tidak bersyukur atas apa yang telah diberikan Allah kepada kita. Dengan mengeluarkan zakat maka itu termasuk bentuk rasa syukur kita terhadap Allah SWT atas apa yang telah diberikan kepada kita selama setahun. Ingatlah bahwa zakat fitrah hanya dilakukan setahun sekali.

Baca juga :  DIRGAHAYU HUKUM TNI AD, TETAP JADILAH PRAJURIT HUKUM YANG PROFESIONAL

Allah SWT telah berfirman bahwa :

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka,” (At Taubah: 103)

Adapun orang-orang yang berhak menerima zakat diantaranya yaitu orang fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, fi sabilillah, dan ibnu sabil.

Marilah kita tunaikan zakat sebelum tiba hari kemenangan untuk menyempurnakan rukun islam dan untuk mensucikan diri kita selama pelaksanaan puasa sebulan penuh.

 

Leave a Reply

*

Top