You are here
Home > Tulisan > Rohani > Jangan Sia-siakan Hidupmu !!!

Jangan Sia-siakan Hidupmu !!!

Selamat siang sahabat Ksatria Pelindung Rakyat, semoga Allah Swt senantiasa merahmati kita semua. Kali ini kita akan kembali kepada topik religi, yang dengannya diharapkan akan menjadi motivasi untuk kita semua.

“Jangan sia-siakan hidupmu !!!”

Ya, begitulah sahabat. Sudah seyogiyanyalah kita agar jangan sampai menyia-nyiakan hidup kita, yang tidak ada duanya ini. Maksudnya, jangan sia-siakan hidup kita yang sekali ini, karena ianya tidak akan pernah bisa terulang lagi. Bila dalam hal kesempatan-kesempatan yang kita lalui dalam kehidupan ini mungkin bisa terulang, namun tidak demikian dengan kesempatan hidup itu sendiri.

Contoh. Misalnya jika suatu saat kita mengalami kegagalan dalam mendapatkan suatu pekerjaan, kita masih punya kesempatan lain lagi untuk mendapatkan pekerjaan yang lainnya. Begitupun dengan kesempatan-kesempatan lainnya, yang jika kita kehilangannya, kita masih bisa mendapatkan kesempatan yang lainnya.

Hal ini, lain dengan “kesempatan hidup” ??? Andai saja kita kehilangannya, masihkah kita akan mendapatkan kesempatan untuk mengulangnya kembali ???

Allah Swt berfirman dalam kitabNya yang mulia :

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (٩٩)لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (١٠٠)

“Hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata, “Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku beramal shalih terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada barzakh sampai hari mereka dibangkitkan.” (Qs Al Mukminun: 99-100)

Demikianlah sahabat, bila kematian telah menghampiri kita, yang itu artinya kesempatan hidup kita telah berakhir, maka lenyaplah sudah kesempatan kita. Setelah kita mencapai batas akhir dari kehidupan ini, maka lenyaplah angan-angan dan harapan kita untuk melakukan kebaikan dalam hidup kita yang sekali ini.

 وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ ۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya.” ( QS. Yunus [10] : 49)

Baik, setelah kita paham bahwa hidup kita ini hanya sekali ini saja dan taka akan terulang untuk kesempatan yang kedua kalinya, maka janganlah sia-siakan ia !!!

Sering kita mendengar orang berkata yang seolah benar, namun sebenarnya salah atau setidaknya kurang tepat, yaitu saat mereka mengatakan bahwa “Jalanilah hidup ini apa adanya !!!”

Frase “Jalanilah hidup ini apa adanya”, adalah salah. Kenapa ??? Karena hidup kita ini terlalu berharga untuk hanya sekedar dijalani apa adanya. Hidup kita terlalu mahal bila dijalani dengan apa adanya, tanpa kita melalukan sesuatu yang istimewa di dalamnya.

INGAT !!! Betapa banyak orang yang kita saksikan sudah meninggal, bahkan di saat usia mereka yang masih dini atau masih muda. Meninggalnya mereka, itu artinya mereka telah kehilangan masa hidup mereka, yang tidak seperti kita yang sampai detik ini masih diberi kesempatan untuk menjalani hidup ini. Maukah kita meninggal sekarang ??? Kalau jawabannya tidak, tentu itu artinya hidup kita ini begitu berharga, begitu mahal sehingga kita tidak mau mati sekarang. Telebih, kita tidak tahu nasib kita setelah meninggal nanti.

Baca juga :  Upaya Kodim 1710/Mimika Dalam Mengatasi Konflik Komunal Dan Kkb Guna Merebut Hati Dan Pikiran Rakyat

“Jangan sia-siakan hidupmu !!!”. Jalanilah hidup dengan segala hal yang istimewa, dengan segala sesuatu yang luar biasa. Jangan jalani hidup ini apa adanya, terlebih kau merusak hidupmu !!!

Isilah hidup kita ini dengan kebaikan-kebaikan. Warnailah ia dengan tinta-tinta yang indah. Jangan sampai kita biarkan ia berlalu begitu saja, menjadi kertas kosong yang tiada makna.

Hiaslah ia dengan lukisan-lukisan yang  akan membahagiakan kita !!! Yang akan  membuat kita tersenyum baik di dunia, terlebih di akhirat.

Jangan biarkan ia kosong tanpa makna, sehingga kita kehilangan kesempatan kita mewarnainya.

Lebih dari itu, “Janganlah kau kotori ia dengan tinta-tinta hitam. Janganlah kau lukis dia dengan noda-noda dosa, dengan segala seuatu yang tidak baik bagimu.”

Menghiasi kertas hidup kita dengan tinta-tinta berwarna yang indah, adalah yang seyogiyanya kita lakukan untuk hidup kita yang istimewa ini, yang sekali ini saja, yang tidak akan sampai terulang lagi.

Namun, tentu kertas kosong tanpa makna, masih lebih baik dari pada kertas berisi, yang diisi dengan tinta-tinta hitam. Hidup kita yang dijalani apa adanya, tanpa diisi dengan kebaikan-kebaikan, masih lebih baik daripada hidup kita yang diisi dengan noda-noda dosa, maksiat dan segala sesuatu yang bersifat non konstruktif (tidak membangun).

Jadi, yang benar selama kita masih mempunyai kesempatan hidup ini adalah dengan mengisinya dengan warna-warna yang indah, yang bila kita biarkan ia apa adanya maka rugilah kita.

Tapi, lebih rugi lagi, yang sudah tidak mengisi kertas kosong itu dengan tinta-tinta indah, namun malah mengisinya dengan tinta-tinta hitam, mengisinya dengan noda-noda dosa yang akan membuat kita sengsara di dunia dan di akhirat.

“Jangan kau sia-siakan hidupmu !!!”.

“Jangan kau jalani ia apa adanya, tapi jalanilah ia dengan selalu berprinsip ada apanya ??? Maksudnya selalu bertanya dalam diri dengan apa kita harus mengisi hidup, sehingga ia akan menjadi sesuatu yang istimewa bagi kita.

Jangan kau sia-siakan hidupmu !!! Karena ia tidak akan pernah terulang kembali saat kita telah kehilangannya.”

Demikianlah topik religi kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi motivasi untuk kita semua !!! (Ib/Cen)

Leave a Reply

*

Top