You are here
Home > Tulisan > Umum > Jangan Tidur Setelah Sahur

Jangan Tidur Setelah Sahur

“Wahai orang-orang yg beriman diwajibkan atas kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (Surat Al- Baqoroh :183)

Sudah jelas bahwa puasa hukumnya wajib bagi umat muslim. Puasa yaitu kita harus menahan diri dari lapar dan haus serta hawa nafsu kita. Sebelum berpuasa, kita akan melakukan sahur yakni saat menjelang fajar dan sebelum memasuki waktu subuh yang hukumnya yaitu sunnah mu’akad.

Memang bangun untuk melakukan sahur sedikit berat bagi sebagian orang, begitupun setelah melakukan sahur pasti kita masih menahan rasa kantuk yang berat. Namun ada anjuran bahwa setelah melakukan sahur jangan langsung tidur karena akan berpengaruh kepada kesehatan kita.

Ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolismenya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan sehingga makanan tidak tercerna dengan sempurna dan akan dimakan oleh bakteri buruk.

Jika kita langsung tidur setelah sahur maka yang terjadi yaitu :

–          Jumlah bakteri buruk dilambung dan usus menjadi dominan, dimana bakteri ini bersifat anaerob (miskin oksigen) dan hasil metabolisme bakteri bersifat asam.

–          Bakteri akan menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat sangat asam dan meningkatkan derajat keasaman tubuh. Asam nitrit ini sangat beracun untuk liver sehingga membuat liver akan bekerja keras melawan racun.

Baca juga :  PENGUMUMAN PELELANGAN SEDERHANA DENGAN PASCAKUALIFIKASI Nomor : Peng / 10 / XI / Lelang / 2014

–          Terjadi penumpukan gas racun amonia dalam tubuh akibat makanan yang tidak tercerna menjadi busuk dalam usus dan lambung.

Salah satu tujuan kita berpuasa yaitu ingin sehat, namun yang terjadi jika kita tidur setelah sahur, maka akan berkontra indikasi dengan tujuan tersebut. Tidur setelah sahur akan merusak liver, membuat dominan bakteri jahat, menambah derajat PH keasaman tubuh, keadaan tubuh akan menjadi miskin oksigen sehingga sel kanker akan tumbuh pesat pada sel tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melawan rasa kantuk setelah sahur yaitu dengan bertadarus, mengaji, dan membaca buku. Kita boleh tidur setelah 1 sampai 2 jam setelah melakukan makan sahur.

Semoga artikel singkat ini bisa menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi kita.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

Leave a Reply

*

Top