You are here
Home > Berita > Jelang Pergantian, Satgas Yonif PR 501 Kostrad Kunjungi Poskotis Satgas Yonif PR 432 Kostrad

Jelang Pergantian, Satgas Yonif PR 501 Kostrad Kunjungi Poskotis Satgas Yonif PR 432 Kostrad

Skouw  – Kunjungan tim tinjau medan satuan penugasan (Satgas) Yonif Para Raider 501 Kostrad menuju Pos Komando Taktis (Poskotis) Satgas Yonif Para Raider 432 Kostrad yang nantinya akan menggantian mengemban tugas menjaga perbatasan RI – PNG di wilayah Skow, Rabu (25/10).

Penugasan Prajurit TNI di medan tugas selalu diawali dengan serah terima pada saat penugasan itu berakhir oleh pengganti yang baru, dimana  dalam beberapa hari kedepan Tim Tinjau Medan Satgas Yonif PR 501 Kostrad akan mengadakan kegiatan tinjau medan ke seluruh jajaran Pos di sektor utara sebelum melaksanakan tugasnya menjaga perbatasan RI-PNG menggantikan Satgas Pamtas yang lama.

Kegiatan Tim tinjau medan berangkat dari Madiun tanggal 23 dan tiba di Jayapura pada tanggal 24 pagi, tim selanjutnya melakukan koordinasi di Kolakops dan Kodam XVII/Cenderawasih di Jayapura yang kemudian melanjutkan perjalanannya menuju ke Poskotis Skouw Perbatasan RI-PNG yang dipimpin langsung oleh Kasbrig Letkol Inf Ade David Siregar serta Danyonif PR 501 Mayor Inf A. Chandra dan Perwira Staf Satgas.

Pada kesempatan pertama di Poskotis kegiatan diawali paparan oleh Pasiops Satgas Lettu Inf Andito Shabara dengan menjelaskan hal-hal yang pokok dalam pelaksanaan tugas dan yang menjadi perhatian secara umum Pamtas yaitu medan dan cuaca di perbatasan, bidang keamanan, tanggung jawab luasan wilayah di sektor utara, tanggung jawab 6 patok batas tipe MM (Monumen Meredian), bidang kesehatan dan bidang teritorial dari beberapa bidang yang merupakan bagian penting dari pelaksanaan tugas pokok dan tanggung jawab sebagai Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG.

Selesai paparan dari Pasiops, dilanjutkan pengarahan oleh Kasbrig yang menyampaikan, “Dari semua yang dipaparkan tadi merupakan masukan yang sangat penting yang nantinya sebagai bahan untuk membuat produk latihan, kemudian sebagai pelaku ini penting untuk berkoordinasi bagi Danyon sebagai Dansatgas, Pasiops, Pasintel dan Danki untuk komunikasi langsung di Pos-Pos yang dikunjungi sehingga bisa mengetahui tugas pokoknya didalam pelaksanakan operasi pengamanan perbatasan ini”, terangnya.

Baca juga :  HUT ke-38 Infolahtadam XVII/Cenderawasih Laksanakan Karya Bakti

Selanjutnya Dansatgas Pamtas Letkol Inf Ahmad Daud menyampaikan, “Tentunya dari beberapa hal yang sudah disampaikan oleh Pasiops nantinya bisa di komunikasikan dengan Danki secara personal dan juga Pasintel agar bisa disampaikan dari beberapa kejadian yang dialami pada saat keberangkatan serpas dari Mako menuju Pos-Pos waktu itu dan tentunya faktor keamanan harus yang diutamakan ini menjadi bahan pelajaran bagi kita sehingga kedepan agar tidak terjadi lagi”, terangnya

Kegiatan dilanjutkan dengan Foto bersama di depan Kantor PLBN Batas RI-PNG dan dilanjutkan kunjungan ke Pos Pos di jajaran sektor utara yang didampingi oleh Pasiops dan Pasiter Satgas Yonif PR 432 Kostrad. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top