You are here
Home > Dari Media Lain > Jelang Pilpres, Babinsa Diberi Penyegaran

Jelang Pilpres, Babinsa Diberi Penyegaran

Sentani – Untuk menjaga netralitas Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam pelaksanaan pemilihan presiden mendatang, seluruh anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah Koramil Sentani Kota diberikan pembekalan dan penyegaran terhadap tugas-tugas mereka. Diharapkan dalam pelaksanaan tugas di wilayah masing-masing, para Babinsa ini tetap bisa menjaga netralitas TNI.

“Saya selaku pimpinan Koramil Sentani Kota selalu menekankan kepada 36 Babinsa yang ditugaskan di lima distrik atau 32 kampung di Kabupaten Jayapura, agar netral dalam Pilpres 9 Juli mendatang. Bagi siapa pun anggota, tidak boleh ada yang tawar menawar,” ungkap Danramil Sentani Kota Lettu Inf Karmadi kepada wartawan usai menerima kunjungan dari Tim Pusat Teritorial Mabes TNI AD, Rabu (11/6).

Karmadi menjelaskan, sangat jelas seluruh TNI harus netral dalam pesta demokrasi bangsa ini, sehingga seluruh anggota harus memegang teguh prinsip itu. Bagi anggota yang kedapatan melanggar aturan yang sudah ditetapkan itu, akan dihukum sesuai aturan yang berlaku.

“Tidak boleh ada anggota yang mengeluarkan statemen yang akan menguntungkan salah satu kandidat. Itu sangat tidak diharapkan, sebab akan ada sanksinya. Jadi mari kita mensukseskan pesta demokrasi ini dengan bijaksana,” katanya.

Sementara terkait kedatangan Tim dari Pusat Teritorial Mabes TNI AD yang dipimpin oleh Dirbinpuanter Kolonel Inf Marsudi, lanjut Karmadi, seluruh anggota mendapatkan pembekalan dan materi tentang bagaimana menjalankan tugas di tengah-tengah masyarakat.

Baca juga :  Sidak ke Makostrad, Panglima TNI Cek Kesiapan Pengamanan Pasca Pilpres

“Mereka datang ke Koramil untuk memberikan pembekalan dan materi kepada seluruh anggota Koramil tentang bagaimana menjalankan 5 kemampuan teritorial dengan metode Binter, karena dua materi ini, materi yang paling bersentuhan dengan masyarakat. Artinya Koramil sebagai satuan terdepan menghadapi masyarakat atau bersentuhan dengan masyarakat didalamnya ada Danramil dan Babinsa,”ungkapnya.

Sedangkan untuk Babinsa, yang berada disetiap kampung/desa kembali diasah kemampuannya. Sebab Babinsa sebagai ujung tombak Angkatan darat dalam hal pembinaan dengan masyarakat harus mampu menjalankan tugasnya sebaik mungkin, demi kepentingan masyarakat.

“Khususnya Babinsa, tim dari Mabes ingin mengetahui sejauh mana kemampuan Babinsa itu menghadapi masyarakat yang sudah maju sekarang ini. Jangan sampai Babinsa tertinggal. Setelah itu juga beliau melakukan pencerahan tentang lomba Binter yang mengikuti pencerahan Binter itu adalah staf-staf kodam,”tuturnya.

Sumber : Cenderawasih Pos

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top