You are here
Home > Berita > Kab. Asmat Buka Lahan Baru Pertanian

Kab. Asmat Buka Lahan Baru Pertanian

Asmat – Babinsa Koramil 1707-08/Agats Kopda Heriyanto bersama masyarakat setempat melaksanakan Karya Bhakti pembukaan lahan baru pertanian sebagai tindak lanjut program dari Pemerintah Pusat dalam hal cetak sawah di Kampung Sagare, Distrik Auyu, Kab. Asmat, Sabtu (08/07).

Proses pembukaan lahan sendiri memakan waktu seharian penuh dengan sasaran penebangan pepohonan dan pembersihan semak belukar. Untuk bisa menjadi lahan siap tanam masih memerlukan waktu panjang sampai lahan benar-benar bersih dari kayu dan sisa-sisa semak belukar. Hal ini yang nantinya menjadi fokus upaya Babinsa didalam pengawasan bersama warga untuk selanjutnya siap dijadikan lahan siap tanam yang statusnya telah memiliki ijin dari Pemerintah Pusat maupun Daerah.

Masyarakat setempat terlihat sangat antusias dengan dibukanya lahan baru untuk pertanian tersebut, mereka semua bekerja dengan penuh semangat dan gembira.

Babinsa Kopda Heriyanto mengatakan pembukaan lahan yang dilaksanakan di Kp. Sagare seluas 28 Ha dan sampai pada saat ini baru mencapai 4 Ha, jadi sasaran yang belum dibersihkan masih mencapai 22 Ha lagi.

“Walaupun pelaksanaan Karya Bhaktinya penuh dengan semangat akan tetapi hasil masih kurang maksimal, hal ini dikarenakan dalam bekerja masih dalam bentuk swadaya dari masyarakat dan alat kerja yang digunakan masih manual”, terang Babinsa.

Baca juga :  Penyiangan Padi dan Pengamatan Terhadap Hama Padi oleh Babinsa koramil 1704 - 01/Sorong Timur Kodim 1704/Sorong

“Dengan dibukanya lahan pertanian tersebut diharapkan dapat memberikan kemajuan di Kp. Sagare, dan oleh Pemerintah Daerah Kab. Asmat Kp. Sigare akan dijadikan sebagai Kampung percontohan dalam hal pertanian di wilayah Kab. Asmat”, jelasnya.

Kepala Kampung Sagare Bapak Basilius mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa yang turut menggerakkan masyarakat setempat dalam melakukan pembukaan lahan baru serta mendukung untuk kemajuan Kampung Sagare ini khususnya dalam hal pertanian. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top