You are here
Home > Berita > Kampung Yetetkun Untuk Pertama Kalinya Dapat Pelayanan Medis dari Satgas Pamtas Yonif 405/SK

Kampung Yetetkun Untuk Pertama Kalinya Dapat Pelayanan Medis dari Satgas Pamtas Yonif 405/SK

Boven Digoel – Satgas Pamtas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW gelar pengobatan gratis kepada masyarakat perbatasan di Kp. Yetetkun, salah satu kampung terpencil yang ada di Distrik Nienatie, Kab. Boven Digoel. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pembinaan teritorial khususnya dibidang pelayanan kesehatan kepada warga masyarakat, pada hari Kamis (27/4/17).

Kp. Yetetkun merupakan salah satu kampung terpencil yang ada di wilayah perbatasan RI-PNG berjarak 6 km dari Distrik Nienatie. Untuk menuju ke kampung tersebut tim kesehatan Yonif 405 yang berjumlah 8 orang dipimpim oleh Letda Ckm dr. Trias Mujahid harus menaklukan lebar dan derasnya arus Sungai Muyu dengan menggunakan perahu.

Setelah naik perahu, untuk menuju ke kampung tujuan masih harus ditempuh selama 2 jam perjalanan menyusuri jalan setapak. Masyarakat yang sudah menunggu untuk mendapatkan pelayanan pengobatan menyambut kedatangan tim kesehatan Yonif 405 di Balai Kampung Yetetkun dengan wajah-wajah ceria.

Menurut Kepala Kampung Yetetkun Bapak Tobias Tukon, selama ini masyarakat sangat minim mendapat pelayanan kesehatan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya tenaga medis di Kampung tersebut, sedangkan untuk berobat ke Puskesmas di Distrik Nienatie masyarakat merasa enggan karena jaraknya yang cukup jauh.

Bapak Tobias juga menyampaikan bahwa, ini adalah pertama kalinya Kp. Yetetkun bisa mendapatkan pelayanan kesehatan selama bertahun tahun sejak kami tinggal disini.

Masyarakat yang tercatat dalam daftar berobat sebanyak 105 orang dengan berbagai macam keluhan. Penyakit yang diderita oleh masyarakat adalah Ispa, sakit kepala, malaria dan penyakit kulit. Selama ini warga memilih untuk menahan sakit atau melakukan pengobatan dengan cara tradisional dari pada harus berjalan jauh ke Puskesmas di Distrik Nienatie.

Baca juga :  Kasdim 1711/BVD Bersama Anggota Kodim Melaksanakan Pembersihan Pangkalan

Dalam kegiatan pengobatan tersebut, Dokter Satgas juga memberikan pengarahan tentang pola hidup sehat serta pentingnya menjaga sanitasi lingkungan sehingga masyarakat bisa terhindar dari berbagai macam penyakit dan hidup akan menjadi lebih sehat. Kegiatan pengobatan berlangsung sekitar 3 jam dan disambut dengan antusias oleh warga yang berharap kesembuhan.

Danyonif 405/SK Letkol Inf Diantoro, S.Ip., mengatakan, ”Kegiatan ini adalah wujud pengabdian kami di perbatasan, kami berharap kegiatan ini dapat diterima baik oleh masyarakat, sehingga kehadiran Satgas Pamtas dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di perbatasan RI-PNG”, tegasnya. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top