You are here
Home > Dari Media Lain > Kantor Kodam Papua Barat Mulai Dibangun

Kantor Kodam Papua Barat Mulai Dibangun

Hari Ini, Kasad Letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor

MANOKWARI-Pembangunan kantor Kodam Papua Barat tampaknya bakal segera dimulai. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo direncanakan melakukan kunjungan kerja ke Papua Barat, sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kodam baru ini, Selasa (26/5) hari ini.

Untuk itu, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Fransen G. Siahaan, S.E., melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Kodam baru yang rencananya dibangun di Manokwari, Papua Barat, Minggu (24/5).

Apalagi, sesuai dengan janjinya Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo, akan membangun satu Kodam lagi di Tanah Papua, yakni Kodam Papua Barat.

Hal tersebut langsung ditanggapi oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk menyiapkan rencana lokasi pembangunan Kodam baru yang akan membawahi Korem-Korem yang berada di wilayah Papua Barat.

“Untuk pembangunan kantor Kodam di Papua Barat berlokasi di Arfai Manokwari dengan luas tanah sekitar 24.7 hektar. Rencananya hari ini, Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kodam baru ini,” kata Pangdam.

Pangdam Fransen G. Siahaan mengatakan pembangunan kantor Kodam Papua Barat ini, diharapkan akan selesai pembangunannya pada akhir tahun 2015.

Lebih lanjut, kata Pangdam, Kodam baru ini akan diberikan nama Kodam XVIII/Kasuari. “Namun dari senior kita, para pejuang yang berada di Papua Barat meminta agar Kodam nantinya diberi nama Kodam Trikora. Diharapkan sebagai Panglima pertama nantinya adalah putra daerah asli Papua. Saat ini sudah ada dua putra Papua yang menjadi jenderal dan satu orang Kolonel,” ujar Pangdam.

Baca juga :  Kodam Bantu Timbunan Pembangunan Gereja

Pangdam menambahkan, denganĀ  sudah dimulainya pembangunan gedung markas Kodam baru ini, pihaknya sudah mengatur dan mempersiapkan personel yang akan bertugas di Kodam baru ini, dan nantinya Kodam ini akan membawahi Korem 171/PVT dan Korem 173/PVB.

“Dengan sendirinya kelengkapan kelengkapan lain seperti kodim dan koramil akan menyesuaikan mengikuti pembentukan Kodam baru ini,” imbuhnya.

Dari data yang diperoleh, lokasi pembangunan Kodam baru ini menempati Kompi C dan D, karena lokasinya berdekatan dengan gedung pemerintah daerah Provinsi Papua Barat, selanjutnya Kompi akan dialihkan menempati lokasi baru di Distrik Warmare, Kabupaten Manokwari.

Sumber: Koran Cenderawasih Pos 26 Mei 2015 halaman 21

Leave a Reply

*

Top