You are here
Home > Dari Media Lain > Kapal Bendera PNG Diamankan Lantamal X Jayapura

Kapal Bendera PNG Diamankan Lantamal X Jayapura

Jayapura – Patroli Laut Lantamal X Jayapura mengamankan sebuah kapal motor yang menggunakan bendera Papua New Guinea (PNG) karena dicurigai, keluar dari wilayah perairan Indonesia dikawasan laut tanjung Syaja, Jayapura menuju Vanimo (PNG) tanpa pemberitahuan, Rabu (22/7) pukul 03.45.WIT.

Penangkapan terhadap kapal motor bernama lambung Surya 33 GT 88 berbendera PNG tersebut berlangsung pada pukul 03.45 WIT. Dimana kapal tersebut masuk ke perairan Indonesia selama satu minggu lalu dengan alasan terjadi kerusakan mesin.

Namun, aparat TNI Lantamal X Jayapura mengetahui keluar dari Poraso tanpa pemberitahuan ke Syahbandara Jayapura dan saat itu pula langsung diamankan. “Ya, tadi pagi KM berbendera PNG tersebut telah kita amankan ketika hendak keluar dari Pelabuhan Porasko Jayapura,” kata Komandan Satgas Satuan Gugus Laut Lantamal X Jayapura, Papua, Mayor Laut (P) Apriles, Ls. M kepada wartawan.

Setelah diamankannya kapal tersebut, kata Apriles langsung digiring ke Pelabuhan TNI-AL Purasko Jayapura untuk dilakukan pemeriksaan terhadap ABK kapal diketahui kalau KM tersebut berlayar tidak dengan Nahkoda, sementara ABK yang berada dalam kapal motor tersebut sebanyak 5 orang terdiri dari 3 warga negara Indonesia, 1 warga Malaysia dan 1 warga Myanmar .

Selain itu, turut diamankan dari dalam kapal berupa 10 unit lemari besi dan barang 5 bungkusan plastik yang diduga dibeli dari Jayapura untuk diperjual belikan di Vanimo PNG. Lebih Jauh, Apriles mengatakan, KM tersebut melanggar UU Pelayaran no. 17 tahun 2008 pasal 138 dan 135 tentang Nahkoda wajib di kapal.

Baca juga :  Cepos : JCC Laksanakan Gowes Dari Polda Papua Ke Perbatasan RI-PNG

Atas pelanggaran tersebut, mereka diminta untuk melengkapi persyaratan berlayar dari Syahbandara Jayapura dan pihak perusahaan yang memfasilitasi pelayaran, selain itu dalam pemeriksaan 2 warga asing ternyata memiliki paspor.

“Sesuai petunjuk Komandan Lantamal X Jayapura, mereka diperbolehkan kembali berlayar ketika sudah memenuhi persyaratan pelayaran UU,” katanya.

Patroli laut yang dilakukan Satgaskamla tersebut masih terkait dengan pengamanan Pemilu Presiden.(Bintang Papua)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top