You are here
Home > Berita > Kapolda Papua : “Budaya Perang Antar Suku Harus Segera Dihilangkan Dan Diakhiri..”

Kapolda Papua : “Budaya Perang Antar Suku Harus Segera Dihilangkan Dan Diakhiri..”

Nabire – Telah dilaksanakan acara tatap muka Kapolda Papua Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw bersama unsur Forkopimda dan komponen masyarakat Kabupaten Nabire di Aula Mapolres Nabire (27/02)

Kegiatan dihadiri oleh Bupati Kab. Nabire, Kajari, Wakil Kepala Pengadilan Kab. Nabire, Plh. Kasdim 1705/PN, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda Kab. Nabire.

Pada kesempatan ini Kapolda Papua menyampaikan beberapa hal terkait kondisi aktual Kamtibmas Prov. Papua secara umum dan kondisi pasca Pilkada terutama Bangsit di Kab. Intan Jaya.

Kapolda Papua menyampaikan sudah saatnya masyarakat Papua yang dipelopori oleh para Kepala Suku, Tokoh Masyarakat Papua dan Tokoh Agama Papua serta Para Pimpinan Daerah Asli Papua untuk mengakhiri budaya kekerasan, menghilangkan kebencian dan perang antar suku karena sudah banyak korban manusia yang sia-sia karena budaya ini.

Dengan tetap mempertahankan budaya ini Masyarakat Asli Papua akan habis. Budaya-Budaya Papua perlu dihormati dan dilestarikan, tapi untuk budaya perang antar suku harus segera dihilangkan dan diakhiri, masa sekarang adalah masa dimana segala sesuatu telah diataur dalam suatu norma kehidupan dan hukum negara, tidak saat nya lagi diselesaikan dengan perang.

Baca juga :  Penandatanganan MoU Upaya Swasembada Pangan Antara Bupati Nduga dan Dandim 1702/JWY

Mengakhiri sambutannya Kapolda Papua menghimbau kepada seluruh Komponen Masyarakat untuk memperhatikan para generasi muda agar tidak rusak karena Miras dan Narkoba dengan memberikan pendidikan, pengawasan dan pembinaaan agar mampu mendapatkan lapangan pekerjaan, karena dengan banyaknya  pengangguran adalah penyebab utama terjadinya tindakan-tindakan kekerasan seperti yang terjadi di Kab. Intan Jaya.

Kegiatan Tatap muka ini dilanjutkan dengan forum tanya jawab anatara Kapolda  dengan para tokoh agama dan kepala suku. Dan kegiatan ini dilaksanakan dengan tertib dan lancar. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top