You are here
Home > Berita > Kasdim Merauke Hadiri Rakor Pembentukan Tim Penanggulangan Bencana Karhutla

Kasdim Merauke Hadiri Rakor Pembentukan Tim Penanggulangan Bencana Karhutla

Merauke –      Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1707/Merauke, Mayor Arm Boby menghadiri rapat koordinasi guna pembentukan Tim penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tingkat yang bertempat di Ruang Data Polres Merauke, Jalan Brawijaya, Kelurahan Mandala, Distrik Merauke, Kamis (20/10).

Dalam rapat ini, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke, Ir. Effendi Kanan yang juga hadir menerangkan bahwa bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Papua untuk wilayah Merauke termasuk dalam peringkat teratas. Pengorganisasian penanganan kebakaran hutan sudah diatur oleh Provinsi Papua dan Pusat. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Merauke kepada Kapolres Merauke yang telah tanggap dalam mewaspadai terjadinya bencana kebakaran hutan di Kabupaten Merauke.

Lebih lanjut Kepala Dinas menyampaikan bahwa Satgas pengendalian bencana kebakaran hutan harus berkedudukan di sebuah instansi dan mempunyai tugas dan tujuan yang jelas. Pembuatan posko krisis bencana kebakaran hutan dan lahan harus di sediakan dalam suatu Tim apabila akan dilaksanakan dan sesuai SOP dengan sumber dana dari pemerintah daerah.

“Merauke merupakan daerah yang rawan kebakaran maka dalam program penanganan kebakaran hutan harus di anggarkan oleh pemerintah daerah”,terangnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemda Kabupaten Merauke, Bapak Triasoni Betaubun pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa tradisi masyarakat di Kabupaten Merauke pada saat akan dilaksanakan pembongkaran lahan mereka melaksanakan pembersihan dengan cara pembakaran lahan.

“Saya mengharapkan Kadis Kehutanan akan mengkonsep terkait penanganan hutan dan lahan agar bisa disosialisasikan kepada masyarakat dan dilaporkan kegiatan tersebut kepada Sekda” ungkap Triasoni Betaubun.

Baca juga :  Yonif 752/VYS Melakukan Pembinaan Fisik Dengan Melaksanakan Cross Country

“Tim yang akan di bentuk nanti agar bekerja dengan semaksimal mungkin dan harus bisa mencegah dan bukan sudah terjadi baru dilaksanakan penanganan”, tambahnya.

Pembentukan Tim penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut mendapat dukungan dari Lantamal XI/Merauke melalui Paban Ops Lantamal XI/Merauke, Letkol Laut Adi Prasetya yang menyatakan bahwa pihaknya setuju apabila di bentuk Tim penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan dan agar dikoordinasikan dengan baik bersama dengan pihak yang berkaitan.

Turut hadir dalam kegiatan rapat,  Kapolres Merauke AKBP Taufik Irpan Awaluddin,SH. dihadiri oleh Paban Ops Lantamal XI/Merauke Letkol Laut Adi Prasetya, Kasdim 1707/Merauke Mayor Arm Boby, Pasi Ops Korem 174/ATW Mayor Inf Agustinus T. Ninu, Kadis Spam Lanud Merauke Mayor Tek M.Fatahilah P., Dandenzipur 11/MA Mayor Czi Agus Ikwanto, Wadanyon Yonif 755/Yalet Mayor Inf Haryanto Herdrik, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemda Kab. Merauke Triasoni Betaubun, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Merauke Ir. Effendi Kanan, Kepala Basarnas Kab. Merauke Hari Adi Purnomo dan Kasubden B Pelopor Merauke AKP Subekti Wibowo serta Para Perwira Staf Polres Merauke.

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top