You are here
Home > Berita > Kegiatan Tarling Safari Ramadhan di Masjid Fissabilillah

Kegiatan Tarling Safari Ramadhan di Masjid Fissabilillah

Keerom. Untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah sesama umat islam yang ada di wilayah binaan, Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro mengikuti kegiatan Safari Ramadhan yang dikoordinir oleh BKM Kabupaten Keerom yang dihadiri olah Forkominda Kabupaten Keerom. Hadir dalam acara tersebut personel Satgas yang ada di wilayah Kab. Keerom bersama Dansatgas Pamtas Yonif 410/Alugoro beserta anggota Yonif Para Raider 432/Kostrad. Sedangkan dari Forkominda yang hadir antara lain Bupati Keerom Drs. Celcius Watae, MH, Wakil Bupati, Ketua DPRD Kab Keerom, Kapolres Keerom, Dandim 1701/Jayapura yang diwakili oleh Pabung, Ketua BKM Kab Keerom, tokoh agama/Ulama, tokoh masyarakat, dan yang lainnya.

Acara buka bersama diawali dengan sambutan Bupati Keerom dilanjutkan dengan penyerahan dana bantuan pembangunan beberapa Masjid dan Mushola yang ada di wilayah Asro Barat, Kab Keerom. Bupati Keerom dalam sambutannya menyampaikan bantuan tersebut sebagai kepedulian pemerintah terhadap warga masyarakatnya dengan cara meningkatkan kesejahteraan warganya. Masyarakat juga diminta turut serta dalam menjaga ketertiban dan ketentraman, tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu SARA yang dapat memecah belah antar umat beragama, membangun kebersamaan antar umat beragama. Bupati juga menyampaikan ucapan selamat menjalakan ibadah puasa dari awal sampai akhir ramadhan sehingga akhirnya mendapatkan kemenangan.

Selanjutnya ceramah agama disampaikan Ustad Anwar Husein, dimana beliau menekankan terkait pentingnya sesama umat manusia yang beriman untuk saling mengingatkan dalam kebenaran. Selain itu, beliau juga menyampaikan banyak hal terkait ibadah puasa yang diantaranya bahwa hakikat puasa adalah sebagai ujian.

Baca juga :  Babinsa Cegah Masyarakat yang Main Hakim Sendiri

“Dalam kegiatan ibadah puasa kita diuji kesabarannya, untuk senantiasa menjaga hawa nafsu. Dengan puasa kita diuji dengan rasa haus dan lapar, barang siapa yang berhasil menahan rasa haus dan lapar dialah pemenangnya.” Imbuh beliau.

Kegiatan ceramah tersebut kemudian diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh Ustad Anwar Husein dilanjutkan dengan buka puasa  bersama.

Setelah kegiatan buka puasa bersama selesai, dilanjutkan dengan sholat Maghrib dan sholat Isya berjamaah, serta sholat tarawih.

Dalam pelaksanannya, diselingi dengan kultum (kuliah tujuh menit/ceramah pendek), oleh Imam Masjid Fissabilillah. Dalam kultumnya tersebut, Imam masjid menekankan terkait pentingnya menjaga kebersamaan, menghindari permusuhan antar sesama umat Islam.

“Jangan mudah tepancing dengan berbagai isu-isu yang beredar di masyarakat.” Tegasnya.

Demikianlah kegiatan safari ramadhan di masjid Fissabilillah. Semoga kegiatan ini membawa banyak berkah untuk kita semua. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top