You are here
Home > Wisata Militer > Kegiatan Wisata Muspida Kabupaten Jayawijaya Ke Danau Habema

Kegiatan Wisata Muspida Kabupaten Jayawijaya Ke Danau Habema

Jayawijaya (14/03) – Komandan Kodim (Dandim) 1702/JWY Letkol Inf Yusuf Sampetoding, Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Wempi Wetipo, S.H., M.H., dan Kapolres Jayawijaya AKBP Adolf Rudi Beay, S.IK., berkesempatan melakukan perjalanan wisata ke Danau Habema pada hari Selasa,11 Maret 2014.

Danau Habema berada di kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau ini merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia yang terletak di ketinggian lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut. Menurut masyarakat Dani penduduk Jayawijaya, menyatakan bahwa danau itu dianggap sebagai tempat keramat yang jadi sumber kesuburan dan kehidupan. Danau Habema dalam bahasa lokal setempat bernama Yuginopa dan berada di zona inti Taman Nasional Lorenz, Papua.

Area Danau Habema ini mempunyai luas lebih kurang 224,35 hektar dengan keliling 9.79 kilometer. Nama Habema diambil dari seorang perwira Belanda yang bernama Letnan D. Habema, yang mengawali ekspedisi HA Lorentz untuk mencapai puncak  Ettiakup (sebutan masyarakat lokal untuk Gunung Trikora) pada tahun 1909. Pada masa pemerintahan Belanda, Gunung Trikora dikenal dengan nama Wilhelminatop. Baru pada 1963 namanya berubah menjadi Tri Komando Rakyat (Trikora) setelah pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Soekarno merebut Papua Barat.

Puncak Gunung Trikora dan sekitar Danau Habema dihiasi dengan salju. Namun beberapa tahun terakhir, Gunung Trikora dan demikian pula Danau Habema tidak pernah lagi dihiasi salju. Di sekitar Danau Habema masih banyak keindahan alam lain yang bisa dinikmati, mulai dari bentang pemandangan padang rumput yang terlihat sejauh mata memandang, embun di ujung dedaunan dan rerumputan, hingga air danau yang tenang. Banyak pendaki pegunungan Jayawijaya dan Cartenz mampir di danau ini sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak tujuan mereka.

Baca juga :  Kolam Renang Hiroshi

Bagi para sahabat wismil penggemar kegiatan birdwatching juga pasti tidak akan menyesal jika datang ke Danau Habema. Area di sekitar Danau Habema adalah habitat bagi puluhan spesies burung endemik dan tentu saja burung kebanggaan sekaligus maskot Provinsi Papua yaitu burung Cenderawasih. Selain birdwatching, di sekitar Danau Habema kabarnya juga bisa ditemui anggrek hitam yang teramat sangat langka. Film Denias, Senandung di Atas Awan juga menggunakan indahnya Danau Habema sebagai salah satu lokasi syuting.

Bagaimana sahabat Wismil jika ingin mengunjungi Danau Habema? Dari kota Wamena, danau ini bisa dicapai dalam waktu sekitar 1,5 sampai dengan 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Jalur menuju Habema pun juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengemudi kendaraan off-road. Jalan berliku yang sempit dan diapit oleh hutan jadi tantangan bagi para penggemar olahraga pemacu adrenalin tersebut. Setelah mencapai gerbang checkpoint, berupa sebuah bangunan gardu sederhana, harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam lagi dengan melewati tanah yang penuh dengan lumpur, lumut, dan kubangan air.

Sebelum sahabat Wismil berkunjung ke Danau Habema ini kami sarankan agar mengenakan pakaian yang bisa melindungi diri dari udara dingin, karena suhu di sekitar Danau Habema rata-rata mencapai 7-8 derajat celcius, dan bahkan bisa mencapai 4 derajat celcius. (Cen)

 

PANORAMA ALAM YANG INDAH DI SEKITAR OBYEK WISATA DANAU HABEMA
PANORAMA ALAM YANG INDAH DI SEKITAR OBYEK WISATA DANAU HABEMA
PANORAMA PUNCAK GUNUNG TRIKORA YANG TERLIHAT DARI DANAU HABEMA
PANORAMA PUNCAK GUNUNG TRIKORA YANG TERLIHAT DARI DANAU HABEMA
Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

One thought on “Kegiatan Wisata Muspida Kabupaten Jayawijaya Ke Danau Habema

Leave a Reply

*

Top