You are here
Home > Pengetahuan > Militer > Kehebatan Jupiter Aerobatic Team (JAT) Milik TNI

Kehebatan Jupiter Aerobatic Team (JAT) Milik TNI

Pernahkah anda melihat pertunjukan pesawat tempur yang sangat indah di langit?

Mungkin sering kita saksikan bersama di upacara-upacara hari besar kenegaraan atraksi akrobatik pesawat tempur yang sangat memukau di mata kita. Perlu kita ketahui bahwa ada beberapa negara besar di dunia yang mempunyai Tim Akrobatik pesawat tempur. Masing-masing diantaranya, sebut saja ada Blue Angels (Amerika Serikat), PAF (Prancis), Freece Tricolori (Italy). Namun tidak hanya di luar negeri, di Indonesia juga mempunyai Tim Akrobatik yang sangat hebat dan cukup disegani di mata dunia karena atraksinya yang sangat hebat dan extreme, tim itu berasal dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara yaitu Jupiter Aerobatic Team TNI AU.

JAT dibentuk berdasarkan inisiatif dari para instruktur penerbang di lingkungan Skadron Pendidikan 103 yang berinisiatif membentuk suatu team aerobatic dan kemudian langkah itupun sangat didukung penuh oleh Panglima TNI.

Pada mulanya, nama Jupiter diambil dari sebutan bagi para instruktur penerbang yang mengajar di Lanud Adisutjipto. TIM ini sendiri pertama kali tampil pada HUT (Hari Ulang Tahun) TNI (Tentara Nasional Indonesia) tanggal 5 Oktober tahun 1997 dengan menggunakan 4 pesawat MK 53 HS Hawk. Namun, karena sesuatu dan lain hal, kegiatan tersebut dihentikan pada tahun 2002.

Kemudian pada awal tahun 2008 TNI mulai merintis kembali tim akrobtiknya setelah vacum beberapa tahun. Dengan menggunakan pesawat KT 1 Woongbee buatan Korea Selatan, tim ini kembali tampil dengan 8 pesawat pada tanggal 4 Juli 2008 di depan masyarakat Yogyakarta. Kemudian, selanjutnya tim ini juga tampil kembali di Jakarta pada bulan November 2008. Seiring berjalannya waktu, TNI terus berbenah pada tim ini sehingga pada tahun 2011 tim ini kembali tampil walaupun hanya dengan menggunakan 6 pesawat Super Tucano buatan Brazil yang berwarna  Merah Putih dengan manuver yang lebih hebat.

Demikianlah JAT memang terkenal piawai melakukan berbagai jenis manuver berbahaya dan ekstrem, namun sedap dan enak dipandang mata. Tim JAT sendiri terdiri dari 6 pesawat dengan sebutannya masing-masing. Adapun sebutan masing-masing pesawat tersebut yaitu :

Jupiter One (Pesawat 1) : Jupiter One adalah pimpinan atau leader dalam team. Tugasnya dalam tim aerobatic sangatlah berat, dia harus mampu memimpin tim dalam melaksanakan berbagai macam manuver yang sangat berbahaya dan ekstrem untuk ditampilkan. Leader juga dituntut harus mampu membuat manuver yang tepat dan dapat dinikmati oleh para penonton pada saat pelaksanaan show sehingga trik-trik dan efek visual yang diinginkan tercapai. Posisi ini biasa diisi oleh penerbang berpangkat Letkol.

Baca juga :  Mengatasi Headset Bluetooth Yang Tidak Terdeteksi

Jupiter Two (Pesawat 2) : Jupiter Two dalam formasi akrobatik, posisinya berada pada posisi wingman kanan dalam.

Jupiter Three (Pesawat 3) : Jupiter Three berada di posisi wingman kiri (left wingman). Dalam Formasi JAT, jupiter 3 dan 2 memegang peranan sangat penting, manuver yang dilaksanakannya harus dikerjakan dengan halus karena pergerakan tiba-tiba (rough) akan menyulitkan bagi posisi wingman sebelah luar. Beberapa manuver yang dilaksanakannya antara lain Loop, clover leaf, Barrell Roll, Jupiter roll, Jupiter roll back, Roll slide, leader benefit serta salah satu manuver yang paling diandalkan bersama jupiter two adalah tanggo to diamond loop yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Jupiter Four (Pesawat 4) : Jupiter Four posisinya berada pada bagian belakang tengah, dikenal juga sebagai posisi slot, Tingkat kesulitan manuver yang dilaksanakan cukup tinggi karena posisinya yang di belakang membutuhkan extra power untuk dapat tetap mengikuti pesawat di depannya.

Jupiter Five (Pesawat 5) : Posisinya berada pada paling kiri luar (Syncro). Dalam Jupiter Aerobatic team, Jupiter 5 merupakan lead synchro yang memimpin jupiter 6 saat melaksanakan manuver synchro yang sangat ekstrem.

Jupiter Six (Pesawat 6) : Jupiter Six  Posisinya berada pada kanan Luar. Ada beberapa manuver berbahaya dan ekstrem yang dilaksanakan oleh jupiter six bersama-sama dengan jupiter Five.

The Backseaters : Ini adalah sebutan bagi para penerbang JAT yang duduk di kursi belakang (back seater). Tugas dari backseaters adalah sebagai buddy safety, membantu front seater dan juga sekaligus menjalankan proses regenerasi untuk menggantikan front seater pada berikutnya.

Demikianlah artikel kali ini yang dapat kami sajikan terkait JAT. Semoga dapat bermanfaat dan salam Ksatria !!! (Az/Cen)

Leave a Reply

*

Top