You are here
Home > Berita > Kepedulian Babinsa Pada Siswa-Siswi SD Enarotali-Papua !

Kepedulian Babinsa Pada Siswa-Siswi SD Enarotali-Papua !

Enarotali – Babinsa Koramil 1705-02/Enarotali Serka Wardi hermawan dan Sertu Mualim Hafid Sulu melaksanakan Sosialisasi Bahaya merokok pada usia dini kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Enarotali, yang diikuti oleh sejumlah 50 orang siswa-siswi, pada hari Senin 24 Oktober 2016.

Di sampul luar bungkus rokok pun, sudah tertera kalimat tentang bahayanya merokok.

“MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Kurang lebih, demikianlah redaksinya.

Tidak dapat disangsikan lagi, bahwa merokok memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan. Namun demikian, tetap saja kegiatan merokok tetap dilestarikan. Memang, mungkin bagi sebagian orang merokok memiliki manfaat yang besar, misalnya membantu menghilangkan kepenatan pikiran.

Meskipun demikian, meskipun ada efek positif dari merokok, tetap saja hal tersebut tidak baik. Misalnya, untuk menghilangkan kepenatan pikiran tidaklah mesti dengan merokok. Masih terlalu banyak kegiatan positif lainnya, yang bisa menjadi penggantinya.

Informasi bahaya dampak dari merokok yang tertulis pada bungkus rokok, tentu ditujukan untuk manusia dewasa. Hal ini, karena lazimnya merokok adalah untuk orang dewasa. Dengan demikian, bila bagi orang dewasa saja merokok dapat berdampak sangat bahaya terhadap kesehatan, bagaimana hal tersebut bagi anak-anak kecil ? Bukankah akan lebih berbahaya lagi bila merokok yang berdampak buruk terhadap kesehatan tersebut dilakukan oleh anak-anak usia dini ???

Dengan demikian, dengan dilatarbelakangi oleh bahayanya merokok bagi orang dewasa terlebih bagi anak-anak kecil, dimana di era sekarang sudah sering terdengar anak-anak SD pun sudah banyak yang merokok, maka babinsa Koramil 1705-02/Enarotali Serka Wardi hermawan dan Sertu Mualim Hafid Sulu tergerak hatinya untuk mencegah hal tersebut terjadi kepada anak-anak kecil yang berada di wilayah mereka berdua bertugas. Oleh karenanya, kedua babinsa tersebutpun melaksanakan sosialisasi bahaya merokok kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Enarotali.

Baca juga :  Meriahnya Puncak Rangkaian Acara HUT Merauke

Kedua babinsa tersebut pun berbicara dengan hati, dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak SD yang didatanginya. Mereka memberikan pemahaman kepada para pelajar, agar jangan sampai terpengaruh ingin mencoba-coba merokok.

Para siswapun tampak sangat antusias, dan dengan kadar pemahamannya, merekapun mengerti tentang bahayanya merokok bagi mereka.

Demikianlah kegiatan tersbut berjalan dengan tertib dan lancar. Semoga, dengan upaya tersebut, di masa-masa ana-anak yang penuh diliputi rasa keingintahuan, ataupun dyang sedang mengalami masa puber, dapat terjaga dari bahayanya merokok bagi mereka. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top