You are here
Home > Berita > Kepedulian TNI Terhadap Kesehatan Masyarakat Enarotali

Kepedulian TNI Terhadap Kesehatan Masyarakat Enarotali

Enarotali – Wadanramil 1705-02/Enarotali Letda Inf Andy Tekege bersama anggota Babinsa melaksanakan kegiatan peduli kesehatan makanan (Food Hygiene) terhadap masyarakat dengan cara membagi-bagikan tudung/penutup debu dari plastik untuk makanan yang dijual dipinggir jalan di wilayah Enarotali, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Rabu (15/03).

Pentingnya perilaku hidup sehat melalui sanitasi makanan adalah sangat penting mengingat penyakit yang ditimbulkan akibat kebersihan dan kesehatan makanan yang buruk sudah cukup banyak terjadi di Kabupaten Paniai, dan jenis penyakit yang sering kita dengar adalah diare atau saluran pencernaan. Penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi makanan yang buruk dapat diturunkan dengan memberikan pencerahan dan pengertian tentang kesehatan di masyarakat yang salah satunya dengan memberikan contoh mencuci tangan dengan sabun agar tangan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit sebelum makan. Langkah selanjutnya yaitu dengan menutup makanan baik yang ada di rumah maupun yang dijual dipinggir jalan supaya tidak terjadi kontak langsung dengan udara bebas yang banyak mengandung kuman dan bakteri sehingga makanan tetap bersih dan higienis.

Sambil membagi-bagikan tudung/penutup makanan Letda Inf. Andy Tekege juga berpesan kepada para pedagang atau mama-mama Papua yang berjualan dipinggir jalan agar selalu menutup makanan yang dijual karena sering banyaknya aktivitas masyarakat dan kendaraan motor/kendaraaan lainya yang lalu lalang sehingga mengakibatkan debu berterbangan. “Jika tidak ditutup, makanan ini akan kotor terkena debu serta bibit penyakit lainnya dan apabila termakan maka bisa terjangkit penyakit karena kurangnya kebersihan dari makanan yang dijual tersebut”, ujarnya.

Baca juga :  Kodim 1711/BVD Melaksanakan Kegiatan Upacara Bendera

Salah satu pedagang mama-mama Papua yang ditemui pada saat itu adalah Ibu Domince Motte mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak-bapak Koramil 1705-02/Enarotali karena telah peduli dengan semua pedagang makanan. Diharapkan momen ini menjadi motivasi bagi masyarakat agar lebih sadar akan pentingnya kesehatan makana untuk keluarga dan masyarakat guna menurunkan angka penderita penyakit bahkan kematian akibat dari buruknya sanitasi makanan. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top