You are here
Home > Berita > Keterlibatan Babinsa dalam Pembinaan RT DAN RW

Keterlibatan Babinsa dalam Pembinaan RT DAN RW

Merauke (11/9). Babinsa Kampung Sukamaju Koramil 1707-05/Merauke Kopda Riyadi menghadiri kegiatan pembinaan RT dan RW bertempat di gedung serba guna Kampung Sukamaju Distrik Malind Kab. Merauke pada hari Sabtu, 10 September 2016.

Dalam Acara ini, turut dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Distrik Malind bapak Gudel Subroto, S.I.P., Kepala Kampung Sukamaju bapak Nyaman serta perangkat kampung dan 25 peserta pembinaan RT dan RW yang terdiri dari 20 Ketua RT dan 5 Ketua RW Kampung Sukamaju.

Dalam sambutannya, kepala kampung Sukamaju bapak Nyaman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kampung Sukamaju Distrik Malind dalam rangka meningkatkan kapasitas Ketua RT dan RW sebagai mitra pemerintah Kampung dalam membantu pelaksanaan fungsi penyelenggaraan pemerintahan Kampung, pelaksanaan pembangunan kampung, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Kampung.

Selanjutnya, dari Kasi Pemerintahan Distrik Malind bapak Gudel Subroto, S.IP, dalam sambutannya menuturkan bahwa pembinaan RT dan RW dilaksanakan dalam rangka peningkatan kinerja yang lebih baik, karena RT dan RW adalah aparat pemerintahan terkecil dan merupakan ujung tombak pemerintahan di Kampung. Oleh karenanya, menurutnya mereka harus mampu mengenal dan memahami situasi di lingkunganya.

“Data penduduk harus terdata yang akurat dan dilaporkan ke Kampung, (terutama) apabila ada yang baru lahir, pindah dan masuk berdomisili serta yang sudah meninggal.” Ujar bak Gudel.

Baca juga :  Mempererat Kebersamaan Dengan Masyarakat Tigi, Anggota TNI Bantu Bangun Jembatan

Tak hanya itu, dalam sambutannya tersebut, bapak Gudel juga berkesempatan menjelaskan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Kampung.

Selanjutnya, dari pihak Babinsa Kampung Sukamaju Kopda Riyadi, beliau juga turut berpartisipasi menyampaikan suaranya. Kopda Riyadi menyampaikan harapannya agar mereka para perangkat RT RW senantiasa memelihara hubungan kerjasama yang baik dengan para Babinsa. Selain itu, ia juga menyampaikan harapan kepada masyarakat dapat agar dapatnya memberikan informasi atau melaporkan setiap kejadian yang menonjol kepada Babinsa, sehingga Babinsa dengan cepat dapat memonitor perkembangan situasi. (Prd/Cen)

Leave a Reply

*

Top