You are here
Home > Wisata Militer > Keindahan Flora dan Fauna di Kota Karang (BIAK)

Keindahan Flora dan Fauna di Kota Karang (BIAK)

Papua merupakan salah satu pulau terbesar yang berada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 7,5 juta dan luas 786.000 km²  dengan  kekayaan alam yang melimpah serta flora dan faunanya yang beragam. Kali ini sahabat wismil akan kami ajak berkunjung di salah satu tempat yang memiliki beragam jenis flora dan fauna yang sangat menarik di pulau biak yaitu, ”Taman Burung & Anggrek Biak” (TBAB)

Taman Burung dan Taman Anggrek (TBAB) adalah salah satu tempat wisata di kota Biak yang berdiri tepatnya pada tahun 1984 dan berlokasi di Jl.Raya Bosnik Km 12, Desa Rim, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Lokasi objek wisata ini Bisa dicapai dengan naik angkutan umum dari Pasar di Kota Biak, Harga Tiket Masuk : Rp. 5000 Jam Beroperasi : 09.00 – 17.00. Selain sebagai sarana pariwisata, area ini juga menjadi tempat konservasi, pendidikan dan penelitian.

Ketika tiba di tempat ini kita akan melihat sebuah pintu gerbang berbentuk Tifa dan sebuah papan nama megah berwarna putih mengkilat, dan Pada papan itu tertulis ”Taman Burung & Anggrek Biak” (TBAB).  Setelah melewati pintu gerbang tadi kita  akan langsung di suguhi dengan Deretan kandang burung di bagian kanan dan kiri taman, juga suara indah burung-burung endemik asli Papua sungguh tempat yang sangat berharga.

Di dalam obyek  wisata ini juga terdapat berbagai koleksi burung. Koleksi burungnya terdiri dari 33 spesies yang berjumlah lebih dari 200 ekor burung termasuk burung Cenderawasih, Kasuari, Kakatua Hitam, Merpati Papua, Beo Irian, Mambruk, Burung Nuri, Kakatua Sorong, Kakatua Jayapura, Kakaktua Fakfak. Semua koleksi burung di taman ini ditempatkan dalam kandang dan di setiap kandang terpasang informasi mengenai nama burung tersebut sehingga memudahkan pengunjung untuk mengenalinya.

Baca juga :  Pesona Pantai Base G Bukti Sejarah Perang Dunia II

Setelah puas menikmati keindahan burung-burung yang sangat memukau, kita bisa melanjutkan perjalanan yang cukup menarik perhatian kita, kira-kira 100 meter ke arah tengah taman ini, terdapat rumah beratap jaring-jaring yang digunakan untuk menyimpan koleksi anggrek dengan berbagai warna yang sangat indah, Untuk koleksi anggrek di taman ini yaitu sekitar 60 jenis anggrek yang berjumlah lebih dari 1500 tanaman anggrek termasuk di dalamnya adalah anggrek asli Papua, seperti Anggrek Hitam, Anggrek Kribo dan Anggrek Raja, seperti yang kita ketahui anggrek Papua sudah dikenal pada tingkat nasional dan internasional sungguh tempat yang sangat berharga.

Selain itu Lokasi wisata ini juga banyak ditumbuhi oleh berbagai pohon besar jadi terasa sejuk. Juga Disediakan pula bangku-bangku yang bisa ditemukan di sepanjang jalan di dalam taman ini untuk beristirahat.

Sahabat wismil sayangnya Fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini masih sangat minim, hanya tersedia pondok istirahat, toilet dan tempat bermain anak-anak. Tidak ada penjual makanan dan minuman di lokasi ini sehingga disarankan untuk membawa bekal sendiri jika ingin berkunjung ke Taman Burung dan Anggrek ini.

Sungguh tempat yang sangat indah, kita sebagai putra-putri papua sudah sepatutnya kita bersama-sama menjaga seluruh aset berharga yang sudah di sediakan oleh alam ini.(AZ)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top