You are here
Home > Berita > Kisah Tujuh Hari Perjalanan Menuju Patok MM 7.3

Kisah Tujuh Hari Perjalanan Menuju Patok MM 7.3

Waropko – Anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK harus melalui medan yang berat penuh dengan rintangan serta cuaca yang kurang bersahabat selama 7 hari perjalanan demi melaksanakan tugas pokoknya mengecek patok bata MM.7.3 di daerah Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Kamis (14/09).

Dalam pelaksanaannya patroli patok perbatasan terbagi menjadi 2 tim, yaitu tim inti dan cadangan. Pada hari pertama, kedua tim patroli Satgas Pamtas Yonif 405/SK bergerak bersama-sama dari Kp. Upkim menuju Kp. Ikcan untuk bermalam.

Pada pagi harinya tim cadangan yang dipimpin oleh Kapten Inf Bambang, menggelar perlengkapan komunikasi sebagai sarana komando dan pengendali antara tim utama dengan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 405/SK.

Tim cadangan juga stand by di Kp. Ikcan sambil melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial berupa perehaban rumah warga, pembuatan saluran air, pengecatan gedung SD, pemberian bantuan bahan makanan serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Lettu Inf Dadang Sapridan memimpin tim patroli inti untuk melanjutkan perjalanan menuju RT. 03, Kp. Ikcan. Waktu senja dihari kedua, tim inti telah menembus RT. 03, Kp. Ikcan untuk singgah dan bermalam.

Perjalanan dihari ketiga tim patroli Satgas Pamtas Yonif 405/SK banyak menghadapi rintangan. Tim partoli harus melintasi terjal dan curamnya medan serta deras aliran sungai yang dilintasi dan banyaknya ular berbisa disepanjang jalan serta lebatnya hujan disepanjang perjalanan. Kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK tetap bersemangat untuk menjaga beranda depan NKRI di tapal batas RI-PNG, khususnya di wilayah Kabupaten Boven Digoel dan selanjutnya Tim Patroli bermalam di hutan Banulkit.

Dihari keempat perjalanan tim patroli inti Satgas Pamtas Yonif 405/SK dari hutan Banulkit menuju patok perbatasan MM. 7.3 cukup melelahkan, dimana tim patroli harus melewati medan yang sulit selama perjalanan. Rasa lelah seakan hilang setelah Tim Patroli Satgas berhasil menyentuh patok perbatasan MM. 7.3, dengan menempuh jarak 62,5 Km dari Pos Upkim selanjutnya Tim mengecek kedudukan serta memeriksa ada tidaknya kerusakan dan pergeseran patok tapal batas kedua negara.

Baca juga :  Kodim Jayapura Gelar Seminar dan Wisata Matematika Bela Negara

Setelah selesai melaksanakan pengecekan Patok batas Tim patroli kembali ke Kp. Ikcan sebagai tempat berkumpul akhir dengan menggunakan rute perjalanan yang berbeda. Hari kelima Tim patroli inti bergerak dari patok perbatasan menuju Kp. Ikcan melalui Kp. Kogo, dan bermalam dikampung tersebut.

Hari keenam dan ketujuh merupakan hari yang sangat berkesan, tim patroli cadangan bersama masyarakat Kp. Ikcan berkumpul untuk menyambut kedatangan tim patroli inti yang sudah selesai melaksanakan tugasnya.

Antusiasme dan sambutan luar biasa yang diberikan oleh masyarakat kepada Satgas Pamtas Yonif 405/SK selama 7 hari dikampung tersebut menunjukkan bahwa, masyarakat daerah perbatasan RI-PNG bersama TNI akan selalu siap menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. (Prd/Cen)

 

Leave a Reply

*

Top