You are here
Home > Berita > Kodam Siagakan 2 Helikopter untuk Mendukung Jalannya Pemilu 2014

Kodam Siagakan 2 Helikopter untuk Mendukung Jalannya Pemilu 2014

Jayapura – Kodam XVII/Cenderawasih menyiagakan dua Helikopter jenis Bell dan Puma dalam rangka mendukung mobilisasi dan distribusi logistik guna mensukseskan jalannya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif maupun Pemilu Presiden 2014 di wilayah Papua. Kedua Helikopter tersebut berada di Hanggar Home Base Lanud Jayapura.

Mayor Jenderal TNI Drs. Christian Zebua, M.M, selaku Panglima Kodam XVII/Cenderawasih mengatakan, kedua helikopter ini biasa digunakan untuk pergeseran pasukan pengamanan (serpas), namun heli ini juga bisa membantu distribusi logistik Pemilu ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh transportasi lain.

Sebelumnya,  Ketua KPU Papua, Adam Arisoy mengatakan, pihaknya telah menyurati KPU pusat guna meminta bantuan heli kepada Markas Besar (Mabes) TNI untuk distribusi logistik Pemilu ke distrik, terutama yang ada di 16 kabupaten di Pegunungan Tengah Papua.

“Saat ini ribuan surat suara masih tertahan di ibukota kabupaten induk. Untuk pendistribusian logistik, kami tetap menggunakan maskapai penerbangan komersil, namun harus diperbantukan juga oleh heli TNI,” kata Adam.

Sehubungan dengan itu, Pangdam mengungkapkan bahwa untuk kesiapan membantu pendistribusian logistik Pemilu, Kodam XVII/Cenderawasih telah siap, namun masih menunggu instruksi dari pusat, terkait permintaan penggunaan heli.

“Beberapa KPU di Kabupaten yang memiliki medan geografis yang cukup sulit sudah ada yang menyurati ke kami untuk meminta permohonan bantuan dropping logistik menggunakan heli TNI. Tetapi sebelum ada instruksi dari pusat, kami tidak dapat mengoperasikan heli tersebut, “ ujar Pangdam.

Baca juga :  Upacara Bendera Mingguan Kodim 1709/Yawa

“Permintaan bantuan penggunaan heli tercatat sudah ada 16 Kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah, yang tidak bisa dijangkau melalui transportasi darat untuk proses pendistribusian logistik Pemilu,” tambahnya.

Pemilu adalah sebuah momen pesta rakyat yang patut didukung penuh. Pemberian bantuan heli TNI untuk bantuan logistik Pemilu terkait dengan kondisi geografi di Papua memang merupakan suatu hal yang tidak dapat dipungkiri. TNI sebagai prajurit dituntut bersikap netral dalam Pemilu, namun demi suksesnya Pemilu, TNI akan memberikan bantuan dan tentunya sesuai dengan prosedur yang ada. (Cen)

 

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top