You are here
Home > Berita > Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke 71

Kodam XVII/Cenderawasih Gelar Upacara Peringatan HUT TNI Ke 71

Jayapura – Kepala Staf Kodam (Kasdam) XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Herman Asaribab, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 71 Tentara Nasional Indonesia (TNI) wilayah Kota Jayapura yang dipusatkan di Lapangan Frans Kaisepo Markas Kodam XVII/Cenderawasih, Jalan Polimak IV Atas, Kodam Baru, Kota Jayapura, Rabu (05/10).

Pada kesempatan itu, Kasdam membacakan amanat Panglima TNI menyampaikan bahwa dimanapun saat ini Prajurit TNI bertugas dan berada, Panglima TNI mengucapkan “Selamat Ulang Tahun, dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”, yang sangat di cintai dan dibanggakannya.

Dalam amanatnya Panglima TNI berharap, semoga kegiatan yang kita laksanakan kali ini tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri. Karena tiap-tiap satuan wilayah TNI melaksanakan Upacara, yang dipadukan dengan pertunjukkan seni dengan mengangkat kearifan Lokal Budaya, seperti Baca Puisi, Cipta Lagu, Tarian Daerah Setempat, dan mengadakan Kegiatan Sosial Bedah Rumah, Operasi Katarak, dan Pengobatan Massal, ini semua merupakan wujud kepedulian TNI kepada rakyat.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke 71 ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkerpibadian.

Panglima TNI juga mengingatkan kembali dan menginstruksikan hal-hal untuk dipedomani sebagai berikut :

Pertama, Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan modal dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan prajurit, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua, Tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu tempatkan tugas diatas kehormatan, harga diri sekaligus kebanggaan.

Ketiga, Junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan RI, yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar negara RI tahun 1945.

Keempat, Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, Taati hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Baca juga :  Prajurit Brigif 20/ IJK Melaksanakan Ibadah Pencurahan Roh Kudus Pentakosta Ke-2

Kelima, Bina soliditas satuan, tegakkan rantai Komando dan mantapkan kesatuan Komando di setiap Strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Keenam, Selalu hadir di tengah-tengah anggota dan masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah yang dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan maupun lingkungan dimanapun berada. Lanjutkan hal posistif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi, sehingga mampu mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang nampak maupun tidak nampak dan sudah merasuk ke seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketujuh, Menyikapi pelaksanaan Pemilukada serentak di seluruh Indonesia pada tahun 2017, Panglima TNI memerintahkan kepada seluruh prajurit TNI beserta PNS TNI wajib mengedepankan Netralitas TNI dalam setiap tahapan proses Pilkada, selanjutnya setiap prajurit baik perorangan maupun institusi wajib untuk selalu mewaspadai setiap perkembangan situasi dilingkungannya serta melaksanakan temu cepat dan lapor cepat secara Hierarki apabila ada indikasi tindakan ketidaknetralan prajurit dan PNS TNI yang berindikasi mengarah kepada menghambat, mengganggu atau menggagalkan Pilkada.

Dalam akhir amanatnya, Panglima TNI menghimbau kepada seluruh jajarannya, agar lebih mendekatkan dan memohon ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya serta mendapatkan limpahan kesehatan dan kekuatan, guna melanjutkan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, yang sangat kita cintai bersama. “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia” Selamat bertugas. (Prd/Cen)

Admin 1
IT Network Engineering di Infolahtadam XVII/Cenderawasih
http://youtube.com/anggayudistira

Leave a Reply

*

Top